Monitor Check Signal Cable 2022 : 8 Penyebab & Cara mengatasi

| ,

Sebagai pengguna PC pernahkah kalian mengalami masalah monitor check signal cable ? Ya, hal ini merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada monitor di PC. Dampak utama dari masalah ini tentu saja membuat monitor tidak bisa menampilkan menu PC.

Dengan begitu, kalian pasti ingin tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada monitor tersebut. Tenang, melalui artikel berikut kami telah menyiapkan ulasan lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi monitor check signal cable.

Secara garis besar, masalah ini merupakan kondisi monitor yang tidak bisa mendapatkan sinyal dari sistem operasi PC. Ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut pada monitor, salah satunya adalah kondisi RAM pada PC yang kotor.

Selain itu, kendala diatas juga bisa disebabkan oleh faktor kabel HDMI yang digunakan atau kabel power dari monitor tersebut. Baiklah, supaya lebih jelasnya langsung saja simak penyebab dan solusi ketika monitor PC tidak bisa mendapatkan sinyal berikut ini.

Monitor Check Signal Cable

Monitor Check Signal Cable

Monitor merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu perangkat PC dimana komponen ini berfungsi untuk menampilkan tampilan setiap perintah dari PC. Terlepas dari apa peran monitor pada suatu perangkat komputer, disini kami bakal menjelaskan secara khusus terkait masalah yang terjadi pada komponen tersebut.

Jadi beberapa hari yang lalu kami menerima pertanyaan dari salah satu pengguna PC yang mengalami kendala pada monitor. Saat menyalakan PC, di layar monitor tidak menampilkan menu yang seharusnya, melainkan muncul notifikasi error berupa monitor check signal cable

Penting diketahui bahwa masalah ini bakal mengakibatkan kalian tidak bisa menggunakan PC seperti biasa, sebab monitor tidak bisa menampilkan output video dari CPU. Disamping itu, permasalahan seperti ini umumnya terjadi pada monitor PC merk Samsung. Meski demikian, merk lain juga terkadang masih bisa mengalami masalah serupa.

Penyebab Monitor Tidak Bisa Mendapatkan Sinyal Dari PC

Penyebab Monitor Tidak Bisa Mendapatkan Sinyal Dari PC

Setelah menyimak sedikit penjelasan mengenai dampak dari monitor PC ketika tidak bisa mendapatkan sinyal dari CPU, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan seputar penyebab dari masalah tersebut. Jadi, berikut ini telah kami rangkum beberapa faktor yang kerap menjadi alasan monitor mengalami masalah check signal cable, diantaranya :

1. Kabel HDMI / VGA Terlepas

Penyebab pertama mungkin berasal dari kabel HDMI atau kabel VGA yang menjadi penghubung antara monitor ke CPU terlepas. Jika demikian, maka meskipun kabel power monitor sudah terpasang, tetap saja monitor tidak bisa menampilkan output yang diinginkan dari CPU.

2. Kabel HDMI / VGA Rusak

Penyebab kedua masih berasal dari kabel HDMI dan kabel VGA dimana masalah diatas juga bisa terjadi apabila kabel yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke PC sudah rusak. Biasanya faktor ini ditandai dengan adanya bagian pada kabel yang terkelupas. Atau bisa juga karena kondisi kabel yang memang sudah lama sehingga tidak lagi memiliki fungsi yang optimal.

3. Kabel Power Monitor Kendor

Penyebab ketiga juga bisa terjadi karena kabel power dari monitor yang digunakan kendor atau tidak terpasang dengan benar. Faktor ini tentu berpotensi menimbulkan masalah check signal cable pada monitor atau bahkan bisa membuat monitor tidak menyala sama sekali.

4. RAM di CPU Kotor

Sedangkan untuk penyebab yang terakhir bisa berawal dari kondisi RAM yang kotor. Faktor ini mungkin jarang diketahui banyak orang, karena memang RAM terpasang di dalam CPU. Selain bisa mengakibatkan masalah monitor check signal cable, faktor ini juga bisa berdampak pada kinerja PC menjadi lemot saat menjalankan beberapa perintah seperti menyalin file, membuka browser atau mengoperasikan aplikasi edit video dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Error Check Signal Cable

Cara Mengatasi Error Check Signal Cable

Sampai disini kalian sudah tahu beberapa alasan monitor PC mengalami error check signal cable. Selanjutnya, kami bakal menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah diatas. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Memperbaiki Posisi Kabel HDMI / VGA

Cara pertama untuk mengatasi monitor check signal cable adalah memperbaiki posisi kabel HDMI atau kabel VGA yang tidak terpasang dengan benar. Pastikan kabel penghubung antara monitor dan CPU sudah terpasang di slot yang sesuai. Khusus untuk pengguna kabel VGA, kalian perlu memastikan bahwa baut sudah terpasang dengan sesuai dan kencang. Apabila semua kabel sudah dipasang dengan benar, maka kalian bisa menyalakan PC seperti biasa tanpa ada kendala apapun.

2. Mengganti Kabel HDMI / VGA

Cara kedua adalah mengganti kabel HDMI atau kabel VGA yang sudah rusak dengan yang baru. Cara ini bisa dilakukan apabila masalah monitor check signal cable disebabkan oleh kabel penghubung sudah tidak layak pakai. Kalian bisa membeli kabel-kabel tersebut di toko perlengkapan elektronik komputer atau membelinya via Online melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan beberapa eCommerce lainnya. Untuk harga nya sendiri kisaran 7 ribu sampai dengan 15 ribuan.

3. Memperbaiki Posisi Kabel Power Monitor

Cara ketiga adalah memeriksa kabel power yang terpasang di monitor. Jika ternyata kendor atau bahkan belum terpasang, silahkan pasang dengan benar. Setelah itu, coba nyalakan ulang PC seperti biasa, maka notifikasi error check signal cable tidak akan muncul lagi di layar utama.

4. Membersihkan RAM Pada PC

Cara terakhir sekaligus cara yang paling efektif untuk menangani monitor mendapati kendala check signal cable adalah membersihkan RAM pada PC. Untuk melakukan cara ini, kalian perlu menyiapkan obeng, kuas dan penghapus. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pastikan PC sudah dalam keadaan mati
  • Setelah itu cabut semua kabel yang terpasang di PC
  • Jika sudah, sekarang buka penutup PC menggunakan obeng
  • Selanjutnya bersihkan bagian dalam PC menggunakan kuas
  • Jika sudah, sekarang lepaskan RAM dari slot
  • Kemudian bersihkan bagian ujung RAM yang berwarna kuning menggunakan penghapus
  • Lakukan secara perlahan agar RAM tidak rusak
  • Jika sudah, pasang lagi RAM pada slot yang tersedia
  • Pasang juga penutup PC seperti sedia kala
  • Terakhir, nyalakan PC
  • Jika muncul tampilan menu BIOS artinya masalah monitor check signal cable sudah berhasil teratasi

Catatan : Apabila setelah melakukan cara diatas masalah belum juga teratasi, maka coba ganti RAM baru.

KESIMPULAN

Itu saja ulasan dari Gadgetized.net mengenai penyebab error check signal cable pada monitor TV. Selain itu diatas kami juga memberitahukan beberapa cara yang bisa digunakan sebagai solusi dari masalah tersebut. Dengan begitu, kami harap kalian tidak perlu panik lagi apabila suatu saat menjumpai masalah serupa.

Previous

15 Cara Mengecek IMEI HP Android 2022 : Samsung, Xiaomi

22 Cara Main PUBG Mobile di PC Untuk Pemula

Next

Tinggalkan komentar