8 Cara Menormalkan Warna Printer Epson Semua Tipe 100% Berhasil!!

Bagi kalian yang bekerja di Kantor Percetakan pastinya sudah tidak asing lagi dengan perangkat Printer. Bicara mengenai perangkat tersebut, belum lama ini kami menerima pertanyaan mengenai bagaimana cara menormalkan warna Printer Epson.

Pertanyaan tersebut bakal kami jawab melalui artikel berikut. Oleh karena itu, bagi kalian yang juga merupakan pengguna Printer Epson, tentu wajib ikut simak artikel ini sampai akhir. Sebenarnya masalah warna yang dikeluarkan tidak sesuai kerap terjadi di beberapa tipe Printer Epson.

Namun cara untuk menormalkan kembali warna yang tidak sempurna bisa terapkan di semua tipe Printer Epson. Pada pembahasan kali ini kami telah menyiapkan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tinta warna tidak normal di Printer Epson.

Bukan hanya itu, kami juga punya penjelasan khusus mengenai beberapa faktor yang kerap menjadi alasan tinta warna di Printer Epson tidak sesuai. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Warna Printer Epson Tidak Sempurna / Tidak Sesuai

Penyebab Warna Printer Epson Tidak Sempurna / Tidak Sesuai

Printer merupakan perangkat canggih yang digunakan untuk mencetak gambar maupun teks pada media kertas. Sementara itu, dalam penggunaan perangkat ini biasanya terjadi beberapa kendala, dimana salah satu yang sering terjadi adalah tinta warna yang keluar tidak sesuai, bergaris, kurang jelas dan lain sebagainya.

Khusus untuk para pengguna Printer Epson, mungkin banyak dari kalian yang pernah atau bahkan sering mengalami masalah serupa. Jika demikian, kalian wajib ikuti terus artikel ini untuk mengetahui cara menormalkan kembali warna Printer Epson semua tipe.

Tapi sebelum itu, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan beberapa penyebab Printer Epson menghasilkan warna tidak sempurna, diantaranya sebagai berikut :

1. Tinta Hampir Habis

Penyebab pertama adalah level tinta pada Printer Epson sudah hampir habis. Dengan begitu, kinerja perangkat dalam mencetak sesuai pasti hasilnya tidak akan lagi maksimal. Kalian bisa melakukan cek level tinta Printer Epson melalui PC atau Laptop yang sudah terpasang Driver Printer tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Klik dua kali pada ikon Printer di PC atau Laptop
  • Setelah itu masuk ke Tab Maintenance
  • Jika sudah, pilih EPSON Status Monitor 3
  • Terakhir klik Approximate Ink Levels pada pop-up yang muncul untuk mengetahui kapasitas tinta yang tersisa di Printer Epson.

2. Kualitas Tinta Kurang Bagus

Penyebab kedua dari masalah diatas mungkin berasal dari kualitas tinta yang digunakan kurang bagus. Perlu diketahui bahwa ada beberapa merk tinta yang di rekomendasikan untuk Printer Epson. Biasanya faktor ini terjadi ketika pengguna lebih memilih harga tinta yang murah tanpa mempedulikan kualitas dari tinta tersebut.

3. Nozzle Printer Epson Tersumbat

Penyebab ketiga adalah Nozzle pada Printer Epson tersumbat sehingga mengakibatkan kinerja Printer dalam mencetak dokumen berwarna tidak normal. Untuk mengetahui kondisi Nozzle Printer kalian bisa melakukan pengecekkan melalui Utilitas Nozzle Check dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Masukkan kertas ke dalam Printer Epson
  • Setelah itu buka Driver Printer pada perangkat tersambung (PC / Laptop)
  • Bagi pengguna komputer Windows, silahkan klik Tab Maintenance -> Nozzle Check
  • Sedangkan untuk pengguna MacOS bisa langsung klik menu Nozzle Check pada tampilan utama Driver Printer
  • Tunggu beberapa saat, Printer Epson akan mencetak hasil pengecekkan Nozzle.
  • Jika hasil nya garis putus-putus maka berarti Nozzle bermasalah. Tapi jika muncul garis sempurna, berarti kondisi Nozzle masih bagus

4. Cartridge Printer Epson Kotor

Sedangkan untuk penyebab terakhir dari tinta warna Printer Epson tidak sesuai adalah kondisi Cartridge dari perangkat tersebut kotor karena terdapat sisa-sisa tinta yang menumpuk. Bagi yang belum tahu, Cartridge merupakan salah satu bagian penting pada Printer. Oleh karena itu, jika bagian ini bermasalah, maka berdampak pada kinerja perangkat tidak sempurna.

Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Setelah menyimak beberapa penyebab warna Printer Epson tidak sesuai, sekarang mari kita lanjut ke tata cara menormalkan warna Printer Epson. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa cara menormalkan warna Printer Epson sesuai penyebab nya berikut ini :

1. Isi Ulang Tinta Printer

Cara pertama untuk menormalkan warna Printer Epson adalah mengisi ulang tinta pada perangkat tersebut. Cara ini pastinya berlaku ketika level tinta sudah sehingga hasil cetakan tidak sempurna. Jika belum tahu seperti apa cara isi ulang tinta Printer Epson, kalian bisa melihat buku panduan yang diperoleh saat membeli perangkat tersebut.

2. Ganti Tinta Merk Lain

Kemudian untuk cara kedua adalah mengganti tinta dari merk lain. Disini kami sarankan bagi para pengguna Printer Epson untuk menggunakan tinta merk Epson. Harga tinta tersebut dibanderol mulai dari 30 ribuan sampai dengan 700 ribuan. Dengan cara mengganti tinta warna yang sesuai, hal tersebut dijamin bakal menormalkan warna Printer Epson.

3. Lakukan Head Cleaning

Cara ketiga untuk menormalkan warna Printer Epson adalah melakukan Cleaning atau pembersihan Nozzle. Cleaning Printer Epson sendiri bisa dilakukan dengan cara manual melalui tombol-tombol yang tersedia pada perangkat. Atau bisa juga pakai cara otomatis melalui Driver Printer yang sudah di install pada perangkat komputer.

4. Membersihkan Cartridge Pakai Air Hangat

Terakhir, jika Printer Epson tidak bisa mencetak dokumen berwarna dengan sempurna disebabkan oleh Cartridge yang kotor, maka cara untuk menormalkan nya adalah membersihkan bagian Printer tersebut. Untuk membersihkan Cartridge kalian memerlukan air hangat dan kain lap. Jika sudah, selanjutnya kalian tinggal ikuti tata cara sebagai berikut :

  • Lepaskan Cartridge dari Printer Epson
  • Setelah itu rendam Cartridge pada air hangat yang sebelumnya sudah disiapkan
  • Rendam selama kurang lebih 6 sampai 10 menit
  • Setelah itu angkat dan keringkan Cartridge menggunakan kain lap
  • Jika sudah, pasang kembali Cartridge pada Printer Epson
  • Terakhir, coba cetak satu dokumen berwarna untuk memastikan apakah cara ini berhasil menormalkan kembali tinta warna yang dihasilkan Printer Epson

KESIMPULAN

Jadi masalah pada Printer Epson yang tidak bisa mencetak dokumen berwarna secara sempurna bisa terjadi karena level tinta hampir habis, Nozzle bermasalah dan Cartridge kotor. Nah, bagi para pengguna Printer Epson yang mengalami masalah tersebut, kalian tidak perlu khawatir lagi sebab diatas tim Gadgetized.net telah menjelaskan beberapa cara untuk menormalkan warna Printer Epson.

Previous

4 Cara Memperkecil Ukuran PDF Kualitas Bagus

4 Cara Mengetahui Email Sudah Terkirim di Android 2023

Next

Tinggalkan komentar