Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

|

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali – Sebagai pengguna Printer merk Canon iP2770 pernahkah kalian mengalami Error 5x? Jika pernah atau bahkan sedang mengalami Error tersebut, pada artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasinya.

Error 5x atau lampu Kuning berkedip 5 kali merupakan salah satu masalah yang sering dialami pengguna Printer Canon iP2770. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengatasi masalah ini kalian tidak perlu membawanya ke tempat Service Printer.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah lampu Kuning atau Orange di Printer Canon iP2770 berkedip sebanyak 5 kali. Selain itu, perlu diketahui pada Error 5x pada Printer ini bisa mengakibatkan kinerja perangkat untuk mencetak dokumen tidak maksimal bahkan tidak bisa melakukan perintah tersebut sama sekali.

Lalu apa saja faktor yang bisa menjadi alasan Printer Canon iP2770 mengalami masalah atau Error 5 kali ? Berikut ini telah kami siapkan jawaban terkait pertanyaan tersebut lengkap dengan tata cara mengatasi Printer Canon iP2770 lampu Kuning berkedip 5 kali.

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

Saat ini Printer menjadi salah satu perangkat penting yang wajib dimiliki oleh suatu Perusahaan, Sekolah atau Instansi lainnya. Perangkat tersebut berguna untuk mencetak file dokumen hingga mencetak file foto. Sekarang tersedia banyak merk dan tipe Printer terbaik, salah satunya adalah Printer Canon iP2770.

Bicara mengenai Printer Canon iP2770, diatas telah kami singgung bahwa Printer merk dan tipe ini terkadang mengalami masalah berupa lampu Resume berkedip 5 kali, 7 kali, 13 kali dan 15 kali. Bagi yang belum tahu, tombol Resume pada perangkat ini terletak bersebelahan dengan tombol Power.

Apabila lampu Resume menyala Kuning dan berkedip sebanyak 5 kali setiap Printer ingin digunakan, artinya ada yang tidak beres pada perangkat tersebut. Dampak atau akibat dari permasalahan lampu Kuning berkedip 5 kali adalah Printer tidak bisa mencetak karena Catridge tidak terdeteksi.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Sebelum kami jelaskan seperti apa solusi Error 5 kali pada Printer Canon iP2770, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan beberapa faktor yang mengakibatkan lampu Resume pada perangkat ini berkedip 5 kali, antara lain :

  • Bagian Chip pada Catridge kotor
  • Catridge Printer sudah rusak
  • Komputer terkena virus / Malware

Ketiga faktor diatas biasanya menjadi alasan lampu Kuning berkedip 5 kali pada Printer Canon iP2770. Jadi, untuk Catridge yang kotor bisa disebabkan oleh adanya tinta yang mengenai bagian Chip atau konektor Catridge sehingga komponen tersebut tidak terdeteksi.

Selain itu, ketika kondisi Catridge sudah usang biasanya kualitas nya akan menurun dan cepat rusak. Sedangkan untuk virus yang bersarang di PC atau Laptop, mungkin di bawa oleh software Resetter atau bahkan Driver Printer Canon iP2770.

Sementara untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidak beda jauh seperti mengatasi lampu Printer Epson L3110 berkedip. Bagi para pengguna Printer Canon iP2770 kalian hanya perlu menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi lampu Kuning berkedip 5 kali :

1. Bersihkan Catridge Printer

Cara pertama adalah membersihkan Catridge. Seperti kami sebutkan diatas bahwa masalah ini biasanya terjadi ketika Chip atau konektor Catridge kotor atau terkena tinta. Untuk mengatasi masalah ini kalian hanya perlu membuka Catridge lalu membersihkan bagian Chip menggunakan tisu halus.

Apabila kotoran atau noda yang terdapat di konektor membandel sehingga susah dibersihkan, maka kalian bisa menggunakan sedikit cairan Alkohol untuk membersihkan kotoran tersebut. Setelah Catridge benar-benar bersih, silahkan pasang kembali lalu coba lakukan Test Print.

Jika Printer sudah kembali normal, artinya cara ini berhasil mengatasi masalah Error 5 kali para perangkat tersebut. Silahkan pasang kembali Casing Printer seperti posisi awal. Sekarang Printer Canon iP2770 sudah siap digunakan kembali.

2. Restart Printer Canon iP2770

Cara kedua adalah melakukan Reset Printer Canon iP2770. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah diatas, terutama jika masalah disebabkan oleh adanya virus atau Malware yang di bawa oleh Driver maupun software Resetter.

Untuk mereset perangkat ini kalian bisa menggunakan cara Manual dan Otomatis dimana prosesnya hampir sama seperti Reset Printer Canon MP287. Intinya, apapun cara Reset yang digunakan bisa berperan untuk membersihkan virus sekaligus mengatasi lampu Kuning berkedip 5 kali pada Printer Canon iP2770.

3. Ganti Catridge

Apabila kedua cara diatas tidak kunjung berhasil mengatasi masalah lampu Kuning berkedip 5 kali, maka kami sarankan untuk memakai cara terakhir, yaitu mengganti Catridge yang lama dengan Catridge yang baru. Hal ini mungkin disebabkan oleh kondisi Catridge yang memang sudah usang, sehingga tidak bisa lagi melakukan tugas nya.

Harga Catridge Printer Canon iP2770 sendiri cukup terjangkau, kalian bisa membelinya disini. Sedangkan untuk memasangnya kalian bisa melakukan sendiri dengan cara melihat video tutorial di Youtube atau menyimak artikel cara pasang Catridge di Printer Canon iP2770 dari Gadgetized.net.

KESIMPULAN

Seperti itulah pembahasan dari tim Gadgetized.net mengenai cara untuk memperbaiki lampu Kuning atau lampu Resume pada Printer Canon iP2770 berkedip sebanyak 5 kali. Diatas kami juga menjelaskan beberapa faktor penyebab terjadi masalah tersebut, salah satunya adalah Chip atau konektor Catridge kotor.

Melalui beberapa cara diatas, kami harap kalian para pengguna Printer dari merk dan tipe tersebut tidak perlu panik lagi ketika menjumpai kondisi lampu Kuning berkedip 5 kali. Selain itu, tidak perlu juga membawa nya ke tempat Service Printer, karena masalah itu bisa diatasi dengan mudah melalui beberapa cara yang kami sajikan diatas.

sumber gambar :

  • Tim Gadgetized.net
  • Channel Youtube Freshcom Channel
Previous

Pulsa Tri Tidak Masuk ? Ini Penyebab & Solusi Mengatasinya!

4 Cara Scan Barcode WiFi Tanpa Aplikasi 2022

Next

Tinggalkan komentar