100% Berhasil! Cara Mengatasi YouTube Error 400 di Android

|

YouTube mengalami error kode 400 memang menyebalkan, dimana error ini memungkinkan pengguna tidak dapat menikmati tontonan YouTube. Itulah sebabnya banyak orang mencari tahu cara mengatasi YouTube error 400.

YouTube mungkin memberikan tontonan yang menarik dari berbagai penjuru dunia, namun aplikasi ini tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang masalah error kerap kali terjadi, sehingga menyebabkan kalian telat update video.

Munculnya kode kesalahan 400 yang mengganggu aktivitas kalian muncul di beranda YouTube bukan tanpa sebab. Dimana YouTube akan menampilkan kode 400 diikuti dengan detail keterangan error yang sedang terjadi.

Nah, buat kalian yang bertanya-tanya mengapa aplikasi YouTube mengalami error kode 400, maka artikel ini wajib kalian baca hingga akhir. Dimana di bawah ini akan kami sajikan penyebab dan cara mengatasi YouTube error 400.

Penyebab YouTube Error 400

Seperti yang telah kami singgung di atas, bahwasanya kode kesalahan yang muncul pada aplikasi YouTube di Android pastinya memiliki penyebab tertentu. Lantas, apa yang menyebabkan aplikasi YouTube error 400 Android?

Jika YouTube kalian mengalami masalah ini maka akan muncul pesan error 400: ada masalah dengan server. Dari pesan kode kesalahan tersebut, kemungkinan besar masalah error 400 ini disebabkan karena server YouTube gangguan.

Selain itu, koneksi internet yang kurang stabil juga dapat menyebabkan YouTube mengalami error 400. Faktor lain yang juga sering menjadi pemicu kode kesalahan yaitu cache berlebihan dan aplikasi kadaluarsa, juga bisa menyebabkan error 400.

Meskipun demikian, namun masalah kode kesalahan 400 seperti ini masih cukup mudah untuk ditangani. Dimana ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi error 400 dan berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi YouTube Error 400

Berdasarkan penyebab terjadinya error, metode perbaikan yang bisa dilakukan agar YouTube error 400 diatasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara untuk mengatasi YouTube error 503 sehingga bukan hal sulit untuk mengatasi error tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi YouTube error 400. Cara mengatasi kendala ini juga sangat mudah sehingga kalian tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun cara mengatasi YouTube error 400 yaitu sebagai berikut.

1. Periksa Koneksi Internet

Kesalahan koneksi server menunjukkan koneksi iternet kalian tidak stabil. Nonaktifkan koneksi seluler atau nirkabel kalian dan aktifkan mode pesawat selama 1 atau 2 menit. Mulai ulang ponsel, aktifkan kembali koneksi internet dan luncurkan YouTube kembali. Idealnya, beralihlah ke koneksi berbeda dan periksa apakah ada peningkatan.

2. Hapus Data dan Cache YouTube

Cara mengatasi YouTube error 400 juga bisa disebabkan karena karena cache yang terlalu usang. Maka dari itu, untuk mengatasi kesalahan ini kalian dapat mencoba membersihkan data cache dari aplikasi YouTube agar tidak error.

  • Masuk ke menu Pengaturan di HP Android kalian.
  • Kemudian, pilih menu Apps atau Manage Apps.
  • Selanjutnya, pilihlah aplikasi YouTube.
  • Berikutnya, pilih opsi Penyimpanan.
  • Lalu, tinggal klik tombol Clear Data atau Clear Cache.

3. Install Ulang Pembaruan YouTube

Apabila membersihkan data dan cache tidak cukup untuk mengatasi YouTube error 400, maka kalian dapat mencoba menginstall ulang pembaruan aplikasi YouTube dengan cara sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Play dan pilih YouTube.
  • Lalu, tekan tombol Uninstall.
  • Tunggu pencopotan pembaruan selesai.
  • Kemudian, klik tombol Update.

4. Ubah Pengaturan DNS

Beberapa pengguna memecahkan masalah ini dengan mengubah pengaturan DNS mereka secara manual. Masuk ke menu Pengaturan di HP Android > pilih opsi Wi-Fi > lalu tekan lama jaringan yang kalian sambungkan > kemudian, pilihlah Modify Network > masuk ke pengaturan IP dan gunakan 1.1.1.1 sebagai DNS utama kalian.

5. Perbarui Sistem Operasi

Error yang terjadi di sistem operasi juga bisa berpengaruh pada sejumlah aplikasi di HP termasuk YouTube. Sehingga jika kalian mendapati kesalahan kode 400, maka coba untuk melakukan pembaruan sistem.

  • Langkah pertama, buka menu Settings.
  • Kemudian, pilih menu System Update.
  • Selanjutnya, klik Check for Updates.
  • Install apabila ada pembaruan yang tersedia.

6. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Kesalahan server juga dapat disebabkan oleh pengaturan tanggal dan waktu yang salah. Maka dari itu lakukan pemeriksaan dengan membuka Pengaturan > pilih Manajemen umum > lalu ketuk Tanggal dan waktu. Aktifkan pengaturan tanggal dan waktu otomatis. Coba akses YouTube dan periksa apakah kesalahan 400 tetap ada.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara mengatasi YouTube error 400 pada informasi di atas, maka kode kasalahan yang terjadi pada aplikasi YouTube kalian akan diperbaiki. Oleh sebab itu, coba lakukan satu persatu cara mengatasi YouTube error 400 hingga salah satunya ada yang berhasil. Mungkin hanya itu saja informasi dari gadgetized.net, semoga cara di atas membantu.

Sumber gambar: eztekno.com, youtube.com

Previous

6 Cara Transfer Pulsa 3 Mudah & Cepat Terbaru 2022

25 Cara Cek Saldo BCA di HP Android Mudah & Cepat

Next

Tinggalkan komentar