√ 6 Cara Pasang STB TV Tabung Dari Rumah

|

Cara Pasang STB TV – Sebagai pengguna TV Analog, penting diketahui bahwa dalam waktu dekat Pemerintah bakal memblokir seluruh siaran dari TV Analog. Dengan begitu, mau tidak mau kalian yang masih menggunakan TV Analog harus segera beralih ke TV Digital.

Jika demikian, apakah berarti perlu biaya lagi untuk membeli perangkat TV Digital? Tenang, disini kalian tidak perlu keluar biaya hingga jutaan rupiah untuk membeli TV Digital. Kalian cukup memanfaatkan perangkat bernama STB (Set Top Box) agar TV Analog atau TV Tabung dirumah tetap bisa digunakan untuk menikmati siaran TV Digital.

Untuk saat ini harga Set Top Box TV dibanderol kisaran 170 ribuan sampai dengan 350 ribuan per unit. Melalui perangkat itu, TV Tabung atau TV yang belum support siaran TV Digital nantinya bisa mendukung beragam Channel TV Digital. Sehingga kalian tidak perlu keluar biaya untuk upgrade TV Tabung menjadi TV Digital.

Advertisements

Nah, pertanyaan nya bagaimana cara pasang STB di TV Tabung ? Apakah perlu memanggil teknisi TV untuk melakukan pemasangan STB di TV Tabung? Tenang, berikut ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap seputar syarat hingga tata cara pasang STB TV Tabung supaya tetap bisa menonton siaran TV Digital di kemudian hari.

Syarat Pasang Set Top Box di TV Tabung

Seperti kami singgung diatas bahwa harga Set Top Box untuk TV Tabung dibanderol hingga 350 ribuan per unit nya. Disaat seperti ini rasanya berat mengeluarkan biaya sebesar itu. Tenang, terkait program peralihan TV Analog ke TV Digital, Pemerintah Indonesia mempunyai program bagi-bagi STB TV gratis.

Tapi jika ingin mendapatkan STB TV gratis dari Pemerintah kalian wajib memenuhi semua syarat yang berlaku. Nantinya setelah berhasil mendapatkan STB baik dengan cara membeli di toko Elektronik maupun menggunakan cara gratisan dari Pemerintah, kalian masih harus melakukan instalasi atau pemasangan STB ke TV Tabung.

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara pasang STB TV Tabung, kalian perlu memastikan bahwa perangkat STB yang dimiliki sudah support Port ANT IN. Fitur tersebut hanya tersedia untuk Set Top Box jenis DVB-T2. Jika STB yang dimiliki bukan jenis DVB-T2 atau belum support Port ANT IN, maka proses pasang STB TV Tabung tidak bisa dilakukan.

Cara Pasang STB TV

Cara Pasang STB TV
Advertisements

Jika tidak ada masalah dengan persyaratan diatas, sekarang kita lanjut ke tata cara pasang STB (Set Top Box) pada TV Tabung atau TV lainnya yang belum support siaran Digital. Sementara itu, menjawab pertanyaan diatas, jadi kalian tidak perlu memanggil teknisi TV hanya untuk pasang STB ke TV Tabung. Disini kalian bisa pasang STB TV sendiri dengan tata cara sebagai berikut :

1. Pasang Kabel Antena

Pasang Kabel Antena
Advertisements

Langkah pertama silahkan matikan TV Tabung yang ingin dipasang STB. Setelah itu pasangkan kabel Antena yang dari Booster ke Port ANT IN di STB.

2. Pasang Kabel RCA / HDMI

Pasang Kabel RCA / HDMI
Advertisements

Jika sudah, sekarang pasang kabel RCA pada STB. Atau jika TV kalian sudah support HDMI, maka silahkan hubungkan TV ke STB menggunakan kabel HDMI. Kemudian nyalakan TV dan masuklah ke mode AV.

3. Tekan Tombol Menu

Tekan Tombol Menu
Advertisements

Selanjutnya tekan tombol MENU pada Remote STB.

4. Pilih Pencairan Otomatis

Pilih Pencairan Otomatis
Advertisements

Kemudian klik menu Pilih Pencairan Otomatis untuk menemukan sinyal gelombang atau Channel TV Digital.

5. Proses Pencairan Channel / Gelombang

Proses Pencairan Channel / Gelombang
Advertisements

Tunggu proses pencairan berlangsung, kurang lebih antara 5 sampai 10 menit.

6. STB TV Berhasil Terpasang

STB TV Berhasil Terpasang
Advertisements

Jika sudah, kalian tinggal keluar dari menu Pencairan Otomatis dan sekarang proses install STB di TV Tabung sudah berhasil selanjutnya kalian sudah bisa menikmati siaran TV Digital dengan tampilan jauh lebih jernih.

Keuntungan Menggunakan STB di TV Analog

Sampai disini kalian berhasil mengetahui apa saja syarat pasang STB TV hingga tata cara memasangkan perangkat tersebut ke TV Tabung. Diatas kami juga menjelaskan bahwa tujuan dari pasang STB TV, yaitu supaya kalian bisa tetap menikmati siaran TV Digital melalui TV Tabung atau TV jenis lain yang memang belum support Channel Digital.

Sementara itu, kalian juga perlu tahu bahwa cara diatas bakal memberikan beberapa keuntungan, diantaranya :

1. Channel Lebih Jernih

Pertama, setelah beralih dari TV Analog ke TV Digital, nantinya kalian bisa menikmati beragam pilihan Channel dengan kualitas jernih. Bahkan kualitas tampilan bisa tetap jernih sekalipun cuaca di luar sedang tidak bersahabat.

2. Pilihan Channel Lebih Banyak

Kedua, pilihan Channel dari TV Digital nantinya bakal jauh lebih banyak. Beberapa Channel atau siaran yang sebelumnya tidak terjangkau di TV Analog, mungkin akan muncul setelah kalian pasang STB.

KESIMPULAN

Itulah penjelasan dari Gadgetized.net mengenai tata cara pasang Set Top Box TV Tabung. Melalui cara diatas, nantinya kalian para pengguna TV Analog (TV Tabung / LED) bisa tetap menikmati siaran TV Digital. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Pemerintah bakal menghapus siaran TV Analog per tanggal 30 April 2022 mendatang.

Dengan begitu, kalian harus segera pasang STB TV sebelum kebijakan Analog Switch Off (ASO) diterapkan. Untuk mendapatkan STB kalian bisa membelinya langsung di toko Elektronik terdekat atau memenuhi syarat untuk mendapatkan Set Top Box TV gratis dari Pemerintah.

Advertisements
Previous

25 Aplikasi Android Terbaru dan Tercanggih 2022

20 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Android 2022

Next

Tinggalkan komentar