4 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Gambar – Seperti kita tahu bahwa sejak beberapa bulan yang lalu Pemerintah mulai memperluas penerapan ASO (Analog Switch Off). Artinya, saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia tidak lagi menerima siaran TV Analog dan harus beralih ke penggunaan TV Digital.

Bagi masyarakat yang belum punya budget untuk membeli TV Digital bisa memanfaatkan perangkat tambahan berupa STB (Set Top Box). Perangkat ini dijual dengan harga mulai dari 200 ribuan di Toko Elektronik Offline maupun di eCommerce seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Untuk kalian yang sudah bisa menikmati siaran TV Digital, baik melalui fitur bawaan Televisi maupun lewat bantuan STB, pernahkah mengalami masalah berupa TV Digital tidak ada gambar? Belum lama ini, cukup ramai masyarakat yang mengeluhkan masalah tersebut.

Bagi kalian yang mungkin juga mengalaminya, berikut kami coba bantu jelaskan bagaimana cara mengatasi TV Digital tidak ada gambar. Selain itu, kami juga telah merangkum beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya masalah seperti itu.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Gambar

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Gambar

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa peralihan TV Analog ke TV Digital tentu saja membuat perubahan dari semua Channel atau Stasiun Televisi. Kini mereka harus menyediakan siaran TV Digital sesuai dengan peraturan baru yang mulai berlaku.

Sementara itu, untuk kalian para masyarakat juga perlu memiliki perangkat TV Digital atau bisa juga tetap menggunakan TV Analog (TV Tabung / LED) untuk mengakses siaran TV Digital dengan cara menambahkan perangkat STB.

Kalian bisa membeli STB di Toko Elektronik langganan atau pesan via Online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Bagi yang mungkin tidak punya budget untuk beli STB, kalian bisa mendaftarkan diri sebagai penerima STB gratis melalui kantor kelurahan setempat.

Kemudian setelah TV kalian sudah mendukung siaran TV Digital, nantinya kalian masih harus mencari Frekuensi TV Digital Karawang, Jabodetabek, Purwokerto dan wilayah lain sesuai domisili tempat tinggal. Setiap Channel atau siaran TV Digital memiliki kode Frekuensi yang berbeda-beda untuk setiap Daerah.

Kode Frekuensi tersebut nantinya dipakai untuk mencari Channel TV Digital, pastikan kode yang dimasukkan sudah benar. Jika tidak sesuai, maka Channel tidak akan muncul di layar TV alias tidak ditemukan. Bicara soal penayangan siaran TV Digital, beberapa masyarakat mengalami masalah TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara.

Jadi, layar TV tidak ada gambar, gelap tapi suara masih muncul, bahkan ada beberapa yang mengalami TV Digital tidak ada gambar dan juga tidak ada suara. Mungkin disini ada salah satu dari kalian yang sedang mengalami masalah serupa? Jika demikian, pastinya kalian ingin tahu bagaimana cara mengatasi TV Digital tidak ada gambar nya.

Sebenarnya kasus atau permasalahan seperti itu bukanlah sesuatu yang baru, melainkan sudah sering dialami oleh pengguna TV Digital. Masalah TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara bisa saja berasal dari gangguan teknis maupun non-teknis.

Berikut kami telah merangkum beberapa penyebab beserta cara mengatasi TV Digital tidak ada gambar tapi masih ada suara nya :

1. Periksa Kabel RCA

Pertama, masalah diatas mungkin terjadi karena kabel RCA yang menghubungkan TV dengan STB lepas atau salah Port. Silahkan periksa kabel tersebut dan pastikan Jack terpasang pada Port yang sesuai. Jika ternyata sudah sesuai tapi masih tidak ada gambar, kemungkinan kabel tersebut sudah rusak karena di gigit tikus atau alasan lain yang mengakibatkan kabel tidak bisa digunakan lagi. Apabila seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan mengganti kabel RCA dengan yang baru. Kalian bisa membeli kabel RCA di Toko Elektronik terdekat, harga nya murah tidak sampai Rp. 10.000.

2. Hapus Channel

Kedua, masalah TV Digital tidak ada gambar juga bisa disebabkan oleh Channel atau siaran TV Digital tersebut sedang mengalami gangguan jaringan. Faktor ini memang tidak bisa diketahui secara pasti oleh pengguna, tapi kami punya cara untuk mengatasi masalah itu.

Jadi, kalian bisa coba menghapus Channel TV Digital yang tidak ada gambar nya melalui menu Program di STB. Setelah itu pilih menu Hapus / Delete. Jika sudah, kalian tinggal melakukan pencarian ulang secara manual menggunakan kode Frekuensi yang berlaku untuk Channel tersebut.

3. Perbaiki Posisi Antena

Ketiga, posisi atau arah Antena juga bisa menjadi penyebab TV Digital tidak ada gambar. Ketika posisi Antena menghadap ke arah yang salah, maka hal itu dapat mengakibatkan kualitas sinyal TV Digital menjadi buruk, alhasil tampilan Channel tidak muncul di layar TV, melainkan hanya suara nya saja.

Cara mengatasi posisi Antena yang tidak sesuai adalah melihat arah Antena di sekitar kalian yang tidak ada masalah apapun. Silahkan putar sesuai arah tersebut, sambil memutar Antena pastikan layar TV Digital kalian sedang memutar siaran TV yang tidak ada gambar nya tadi. Putar terus sampai gambar di TV kembali muncul dan normal seperti sediakala.

4. Matikan Televisi

Terakhir, masalah TV Digital tidak ada gambar, hanya ada suara juga bisa terjadi karena masalah sistem dari Channel tersebut. Sama seperti gangguan jaringan, faktor ini memang tidak bisa diketahui pengguna. Bukan hanya itu, kendala sistem juga tidak bisa ditangani oleh kita selaku pengguna.

Karena tidak ada cara untuk mengatasi, mau tidak mau kalian harus menunggu sampai Maintenance tersebut. Sebelum itu, matikan Televisi terlebih dahulu dan nyalakan kembali sekitar 1 sampai 2 jam kemudian. Apabila proses perbaikan sudah selesai, maka TV Digital yang tadinya tidak ada gambar, sekarang akan normal kembali, muncul gambar dan suara.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja penjelasan dari Gadgetized.net mengenai cara mengatasi TV Digital tidak ada gambar, hanya ada suara. Masalah seperti itu bisa terjadi pada satu Channel TV Digital maupun satu Mug sekaligus (kelompok Channel TV Digital).

Intinya, ketika TV Digital tidak ada gambar, kalian tidak perlu panik. Masalah itu bisa terjadi karena satu dan lain hal yang biasanya bersifat tidak serius (bukan kerusakan perangkat Hardware atau semacamnya). Silahkan cari tahu penyebab pastinya, kemudian lakukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

sumber gambar :

  • Popmama.com
  • Suara.com
Previous

26 Frekuensi TV Digital Jombang Terlengkap 2023

Telat Bayar Iconnet: Cara Mengecek Tagihan, Isolir & Denda

Next

Tinggalkan komentar