Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital? Begini Cara Mengatasinya

|

Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital – Sejak peralihan dari TV Analog ke TV Digital diterapkan secara menyeluruh, banyak masyarakat yang mengaku tidak menemukan lagi Channel TV dari MNC TV. Kendati demikian, banyak yang mengira bahwa Channel MNC TV tidak lagi bisa dinikmati pada siaran TV Digital atau DTV.

Padahal kasus semacam ini bukanlah hal baru, beberapa kasus serupa seperti Channel RCTI, GTV maupun beberapa Channel lainnya juga sempat hilang. Tapi setelah dilakukan beberapa cara, siaran DTV yang tadinya tidak ada bisa muncul kembali.

Memangnya kenapa Channel MNC hilang dari daftar siaran TV Digital? Padahal perangkat baik Televisi maupun STB (Set Top Box) yang digunakan hingga lokasi sudah tercover siaran DTV. Untuk kalian yang juga sedang mengalami masalah serupa, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Disini kami bakal menjelaskan terkait penyebab hingga cara mengatasi Channel MNC yang tiba-tiba hilang atau bahkan tidak pernah muncul sama sekali pada TV Digital. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital

Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital

Channel atau siaran TV Digital dari MNC Group memang menjadi salah satu Channel dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia, bahkan merupakan Channel favorit bagi banyak orang Indonesia. MNC Group sendiri terdiri dari beberapa Channel, antara lain RCTI, GTV, iNews dan MNC TV.

Nah, khusus untuk Channel MNC TV belakangan ini banyak masyarakat yang menanyakan kenapa Channel MNC TV tidak ada di DTV. Setelah sebelumnya RCTI hilang di TV Digital dan telah kami jelaskan bagaimana cara mengatasinya, sekarang tinggal Channel MNC TV.

Untuk kalian yang juga sedang bertanya-tanya kenapa MNC TV hilang dari daftar siaran DTV, berikut telah kami siapkan jawaban terkait penyebab hingga seperti apa cara mengatasinya :

1. Frekuensi Tidak Benar

Penyebab yang pertama adalah Frekuensi MNC TV yang dimasukkan salah alias tidak sesuai dengan Frekuensi yang berlaku di Daerah kalian. Perlu diketahui bahwa setiap Frekuensi TV Digital, termasuk untuk Channel MNC Group berbeda di setiap Daerah. Dengan begitu, kalian harus mengetahui Frekuensi MNC Group DVB-T2 untuk wilayah kalian. Setelah itu, masukkan Frekuensi tersebut untuk menampilkan Channel MNC TV.

2. Belum Tercover Frekuensi MNC Group

Selain itu, masalah diatas juga bisa muncul ketika Daerah tempat tinggal kalian memang belum tercover siaran MNC TV. Jika seperti itu, kalian bisa menggunakan Frekuensi MNC dari Daerah terdekat. Misal, kalian berlokasi di Kecamatan A, dan di Daerah tersebut belum tercover siaran MNC. Tapi di Kecamatan B sudah tercover siaran MNC, maka silahkan pakai Frekuensi dari Kecamatan B untuk menampilkan Channel MNC TV.

3. Posisi Antena Kurang Tepat

Apabila siaran MNC masih tetap tidak muncul, maka bisa jadi penyebabnya berasal dari posisi Antena yang kurang tepat. Jika terjadi seperti ini, coba lihat arah atau posisi Antena di sekitar lokasi, posisikan Antena sama seperti yang lain supaya siaran MNC TV bisa muncul. Perlu diketahui, arah Antena memang cukup menentukan kinerja TV maupun STB dalam proses pencarian Channel TV Digital.

4. Kabel STB Bermasalah

Sedangkan untuk penyebab yang terakhir adalah kabel STB yang terhubung ke TV atau Antena bermasalah, entah itu kurang kendor, terlepas atau bahkan putus karena di gigit tikus dan lain sebagainya. Jadi, ketika Channel MNC hilang, silahkan cek kabel tersebut.

Pastikan kabel terpasang dengan benar pada colokkan Antena di TV. Selain itu, periksa juga kondisi kabel, pastikan tidak ada yang putus. Jika semuanya sudah beres, sekarang coba lakukan pencarian Channel MNC TV secara manual dengan memasukkan Kode Frekuensi siaran tersebut.

KESIMPULAN

Itu saja jawaban dari Gadgetized.net mengenai pertanyaan kenapa siaran MNC hilang dari TV Digital. Diatas telah kami jelaskan seputar penyebab hingga cara mengatasinya. Jadi, ketika menjumpai masalah seperti diatas, kalian cukup memeriksa kabel STB, posisi antena dan Frekuensi Channel tersebut yang berlaku di wilayah tempat tinggal kalian.

sumber gambar :

  • Channel Youtube Konsultan Elektronik
  • freqnesia.com
Previous

Frekuensi MNC Group di DVB-T2 Seluruh Indonesia 2022

2 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Tanpa ke GraPARI 2022

Next

Tinggalkan komentar