12 Cara Cek Garansi HP Xiaomi 2020 : Resmi Atau Distributor

|

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu cara cek garansi HP Xiaomi. Padahal proses tersebut cukup penting untuk mengetahui apakah smartphone Xiaomi yang digunakan bergaransi resmi atau tidak.

Berbicara soal garansi, Xiaomi memang menawarkan dua fasilitas garansi, yaitu Resmi dan Distributor. Apa sih perbedaan dari kedua jenis garansi tersebut? Selangkapnya akan kami jelaskan di bagian pemabahasan.

Sebelum itu perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa metode untuk cek garansi HP Xiaomi, salah satunya melalui Charger. Coba perhatikan bentuk Charger, jika memiliki bentuk pipih dengan dua kaki maka HP Xiaomi kalian bergaransi TAM.

Advertisements

Lalu bagaimana dengan HP Xiaomi yang bergaransi Distributor? Apakah ada perbedaan khusus antara keduanya? Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi selengkapnya seputar langkah-langkah mengetahui garansi HP Xiaomi dibawah ini.

Seperti Ini Cara Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Resmi Atau Distributor

Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Seperti yang telah kami singgung diawal pembahasan bahwa proses cek garansi ponsel Xiaomi bisa dilakukan melalui beberapa metode. Antara lain adalah :

1. Melalui Dusbook HP Xiaomi

Melalui Dusbook HP Xiaomi
Advertisements

Cara yang pertama kalian bisa melihat Dusbook HP Xiaomi. Jika terdapat tulisan TAM (Telematika Artha Mandiri) pada kemasan maka smartphone Xiaomi yang kalian gunakan memiliki garansi resmi. Lalu cek juga buku garansi yang terdapat di dalam Dusbook, apabila menggunakan bahasa China berarti smartphone tersebut bergaransi Distributor. Sebaliknya, jika pada buku tersebut menggunakan bahasa Indonesia berarti memiliki garansi resmi.

2. Melalui Charger

Melalui Charger
Advertisements

Selain melalui Dusbook, untuk mengetahui garansi yang berlaku pada smartphone Xiaomi kalian bisa melihat bentuk Charger. Jika terdapat tiga kaki dan membutuhkan adapter tambahan pada Charger menandakan smartphone tersebut bergaransi Distributor. Namun jika Charger memiliki bentuk pipih dan bisa langsung di colokkan ke stop kontak berarti smartphone kalian bergaransi Resmi atau TAM.

3. Melalui Nomor IMEI HP Xiaomi

Melalui Nomor IMEI
Advertisements

Kemudian untuk mengetahui apakah HP Xiaomi kalian menggunakan garansi resmi atau Distributor bisa dilihat melalui status IMEI. Untuk langkah-langkahnya kalian bisa simak dibawah ini :

  1. Buka menu Dial pada HP Xiaomi kalian.
  2. Tekan *#06#.
  3. Setelah itu akan muncul informasi nomor IMEI untuk HP Xiaomi yang digunakan.
  4. Catat nomor tersebut dan buka situs IMEI Kemenperin.
  5. Lalu masukkan nomor IMEI yang sudah dicatat pada kolom yang tersedia.
  6. Tekan Enter / ikon Pencari di sebelah kanan.
  7. Terakhir, jika nomor IMEI telah terdaftar berarti ponsel Xiaomi kalian memiliki garansi resmi.

4. Melalui Situs MI Registration

Melalui Situs MI Registration
Advertisements

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk cek garansi HP Xiaomi adalah melui situs MI Registration. Berikut kami sajikan langkah-langkah melakukan cek garansi melalui situs tersebut :

  1. Buka tab browser pada PC / Laptop / Smartphone.
  2. Lalu kunjungi link berikut : http://buy.mi.com/id/registration
  3. Masukkan nomor IMEI ponsel Xiaomi kalian -> Langkah Selanjutnya,
  4. Jika di layar tertera tulisan Erajaya berarti garansi ponsel Xiaomi kalian resmi.
  5. Sedangkan jika tertulis dalam bahasa China bisa dipastikan garansi yang digunakan tidak resmi alias Distributor.

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor
Advertisements

Sampai disini mungkin beberapa dari kalian da yang masih bingung mengenai apa itu garansi resmi dan Distributor. Oleh karena itu, berikut kami sajikan penjelasan mengenai kedua jenis garansi tersebut :

Garansi Resmi

Garansi resmi untuk HP Xiaomi di Indonesia biasanya ditandai dengan adanya tulisan TAM pada Dusbook. TAM sendiri merupakan distributor resmi untuk HP Xiaomi di Indonesia. Selain itu, proses klaim kerusakkan bisa dilakukan melalui gerai resmi Xiaomi yang tersebar di berbagai Daerah di Indonesia.

Garansi Distributor

Sedangkan untuk garansi Distributor merupakan HP Xiaomi yang diproduksi di China. Biasanya ditandai dengan tulisan Made in China pada Dusbook. Pada buku garansi HP Xiaomi garansi Distributor juga diketik menggunakan tulisan China. Selain itu, proses klaim kerusakkan hanya bisa dilakukan melalui toko tempat kalian membeli ponsel tersebut.

Manfaat HP Xiaomi Bergaransi Resmi

Manfaat HP Xiaomi Bergaransi Resmi
Advertisements

Jadi, ponsel Xiaomi bergaransi resmi lebih recomended untuk dimiliki. Disamping itu, berikut adalah beberapa manfaat yang bakal kalian peroleh ketika memiliki smartphone Xiaomi bergaransi resmi :

  • Proses klaim bisa dilakukan pada gerai resmi Xiaomi Indonesia.
  • Komponen hardware maupun software berkualitas.
  • Dilengkapi dengan pilihan bahasa Indonesia.
  • Nomor IMEI terdaftar di Kemenperin.

FAQ

Apakah Cek Garansi HP Xiaomi Bisa Dilakukan via Online?

Bisa. Melalui situs IMEI Keme nperin dan MI Registration

Mana yang Lebih Baik Antara Garansi Resmi dan Distributor?

Tentu saja garansi Resmi karena sudah terdaftara di Kemenperin dan menggunkan komponen Hardware maupun Software yang berkualitas.

Kenapa HP Xiaomi Garansi Distributor Dijual Lebih Murah?

Karena tidak resmi. Biasanya HP Xiaomi garansi Distributor terdapat tulisan Made In China pada Dusbook. Disamping itu, komponen yang digunakan juga kurang berkualitas jadi wajar saja jika harganya lebih murah dari HP Xiaomi bergaransi resmi.

KESIMPULAN

Sekarang sudah tahu cara cek garansi HP Xiaomi kalian resmi atau Distributor. Diatas Gadgetized.net juga menjelaskan bahwa proses ini bisa dilakukan melalui beberapa situs Online, antara lain Kemenperin dan MI Registration. Cara tersebut juga berlaku untuk CEK GARANSI HP REALME. Nah, sebagai tambahan kami ingatkan untuk tidak tergiur HP Xiaomi harga murah. Karena selain memiliki garansi tidak resmi, produk seperti itu biasanya menggunakan komponen-komponen yang tidak berkualitas, bahkan seringkali disisipi mallware maupun adsware yang berbahaya untuk kerahasiaan data.

Advertisements
Previous

5 Perbedaan Sony PS4 dan PS5 Terlengkap 2020

12 Cara Cek Garansi HP Samsung Terlengkap 2020

Next

Tinggalkan komentar