10 Penyebab Laptop Mati Sendiri & Solusi Paling Praktis

|

Laptop kalian kerap mati sendiri ? tenang, kalian tidak perlu panik pasalnya dibawah ini kami telah menyiapkan informasi seputar penyebab serta solusi mengatasi masalah laptop mati sendiri. Untuk itu, simak terus pembahasan ini sampai akhir.

Laptop yang mengalami masalah tersebut sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal kecil, contohnya lupa mengisi ulang baterai. Kasus ini mungkin kerap dialami oleh pengguna yang teledor.

Untuk itu kami sarankan ketika mendapati notifikasi baterai lemah pada laptop kalian langsung lakukan pengisian ulang. Disamping itu, laptop yang tiba-tiba mati juga bisa terjadi karena suhu laptop mengalami Overheat.

Advertisements

Overheat pada laptop seringkali terjadi saat digunakan untuk main game terlalu lama. Lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah tersbut ? Baiklah, untuk menjawab rasa penasaran kalian langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini mengenai penyebab, solusi hingga beberapa tips untuk menghindari masalah laptop yang tiba-tiba mati.

Ini Dia Penyebab Laptop Mati Sendiri Beserta Solusi Paling Praktis

Laptop Mati Sendiri

Sebagai pengguna laptop tentu kalian wajib mengetahui penyebab dari masalah laptop yang tiba-tiba mati. Hal ini bertujuan agar kalian bisa segera mengatasinya tanpa harus pergi ke service center. Nah, berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab utama laptop mati sendiri :

Laptop Mengalami Overheat

Laptop Mengalami Overheat

Advertisements

Untuk kasus yang pertama adalah perangkat mengalami Overheat atau terlalu panas. Overheat pada laptop terjadi ketika pengunaan dalam waktu terlalu lama, khususnya saat digunakan untuk main game.

Terjadi Kerusakan Pada RAM

Terjadi Kerusakan Pada RAM

Advertisements

RAM laptop yang bermasalah juga menjadi salah satu alasan perangkat sering mati sendiri. Selain masalah tersebut, kerusakan RAM juga akan mempengaruhi kinerja laptop.

Terjadi Kerusakan Pada Prosesor Laptop

Terjadi Kerusakan Pada Prosesor Laptop

Advertisements

Selain kerusakan pada RAM, laptop yang sering mati sendiri juga bisa disebabkan kerusakan di sistem prosesor. Masalah pada prosesor biasanya karena penggunaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi dari laptop tersebut.

Lupa Mengisi Baterai

Lupa Mengisi Baterai

Advertisements

Khusus untuk penyebab yang satu ini biasanya dialami oleh pengguna yang teledor. Ya, baterai laptop yang kehabisan daya secara otomatis akan mematikan laptop. Oleh karena itu, kami sarankan untuk segera mengisi baterai laptop saat muncul pemberitahuan baterai lemah.

Baterai Laptop Sudah Tidak Layak

Baterai Laptop Sudah Tidak Layak

Advertisements

Baterai laptop yang sudah digunakan terlalu lama biasanya akan cepat habis. Masalah ini sepertinya tidak bisa dihindari meskipun sudah diisi ulang secara penuh. Untuk solusinya kalian perlu menggantinya dengan baterai laptop baru agar masalah laptop yang tiba-tiba mati bisa teratasi.

Adanya Malware di Sistem Operasi

Adanya Malware di Sistem Operasi

Advertisements

Ketika kalian menggunakan laptop untuk mengakses situs-situs berbahaya kemungkinan besar akan mengundang malware atau virus pada sistem operasi laptop. Hal tersebut juga menjadi faktor utama penyebab laptop sering mati sendiri.

Sirkulasi Udara Pada Laptop Tersumbat

Sirkulasi Udara Pada Laptop Tersumbat

Advertisements

Masalah laptop yang tiba-tiba mati juga bisa disebabkan oleh sistem pendingin tersumbat. Dengan demikian laptop akan cepat panas dan sering mati sendiri. Untuk itu, kami sarankan kalian selalu membersihkan komponen tersebut secara rutin.

Thermal Paste Sudah Kering

Termal Pasta Sudah Kering

Advertisements

Jika kalian menggunakan laptop jadul dan sering mengalami masalah mati sendiri kami sarankan untuk mengecek Thermal Paste di dalamnya. Bisa jadi Thermal Paste pada laptop tersebut sudah mengering sehingga perlu dilapisi ulang.

Solusi Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop sering mati sendiri, sekarang kalian perlu mengetahui cara untuk mengatasinya. Berikut ini telah kami siapkan beberapa solusi praktis untuk menanggulangi laptop tiba-tiba mati sendiri :

Bersihkan Sirkulasi Udara

Bersihkan Sirkulasi Udara

Advertisements

  1. Buka casing belakang laptop dalam keadaan mati.
  2. Kemudian ambil kompon Fan atau sirkulasi udara laptop.
  3. Bersihkan komponen tersebut menggunakan kuas atau alat pembersih lainnya.
  4. Jika sudah, pasang kembali seperti semula.
  5. Sekarang coba hidupkan laptop dan lakukan aktivitas yang cukup berat seperti main game atau download film.

Ganti Baterai yang Sudah Tidak Layak Pakai

Ganti Baterai yang Sudah Tidak Layak Pakai

Advertisements

Pada solusi yang satu ini kalian memerlukan biaya untuk membeli baterai laptop. Namun proses ini hanya berlaku ketika masalah diatas memang disebabkan oleh kondisi baterai laptop yang sudah usang.

Menambahkan Thermal Paste

Menambahkan Thermal Paste

Advertisements

  1. Buka casing belakang laptop dan lepaskan Fan dari posisinya.
  2. Setelah itu oleskan Thermal Paste pada permukaan Heatsink Fan.
  3. Jika sudah, pasang lagi seperti semula.
  4. Pastikan tidak ada part yang tertinggal.
  5. Setelah itu hidupkan laptop dan lihat perbedaannya.

Install Software Anti Virus

Install Software Anti Virus

Advertisements

Untuk solusi yang satu ini kalian perlu mengunduh software Anti Virus untuk perangkat laptop. Saat ini telah tersedia banyak aplikasi Anti Virus di internet. Beberapa diantaranya ada yang gratis dan juga berbayar. Dengan adanya software tersebut tentu bisa menghapus serta mencegah virus masuk ke sistem operasi yang mengakibatkan laptop sering mati sendiri.

Tips Menghindari Masalah Pada Laptop

Tips Menghindari Masalah Pada Laptop

Advertisements

Kemudian untuk mencegah masalah diatas terjadi pada laptop kalian, berikut ini kami memiliki beberapa tips yang bisa kalian terapkan. Antara lain sebagai berikut :

  • Jangan gunakan laptop untuk bermain game terlalu lama.
  • Rajin membersihkan Fan atau sirkulasi udara laptop.
  • Jangan coba-coba akses situs berbahaya yang dapat mengundang virus.
  • Rajin lapisi Heatsink Fan dengan Thermal Paste minimal satu bulan sekali.

KESIMPULAN


Itulah beberapa penyebab dari masalah laptop yang sering tiba-tiba mati. Bukan hanya itu, diatas Gadgetized.net juga menambahkan informasi mengenai cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Kemudian bagi kalian yang sering memainkan game-game berat melalui laptop, kami sarankan untuk menerapkan beberapa tips diatas untuk mengatasi masalah Overheat sehingga laptop tidak mati sendiri.

Advertisements
Previous

12 Laptop Fingerprint Termurah Mulai Dari 4 Jutaan

22 Laptop Full HD Terbaik & Termurah 2020

Next

Tinggalkan komentar