12 Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Mudah 2020

|

Kita pastinya kesal ketika sedang asik-asiknya main game di laptop tiba-tiba laptop mengalami Overheat. Tenang, melalui pembahasan berikut kami akan menjelaskan bagimana cara mengatasi laptop Overheat.

Ada banyak cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah membersihkan sirkulasi udara pada laptop. Cara ini terbukti efektif sebagai solusi cepat mengatasi laptop Overheat.

Selain itu Overheat pada laptop juga mampu dicegah dengan cara memantau suhu laptop melalui aplikasi. Dengan menerapkan metode ini secara rutin kalian bisa memantau suhu laptop dan mencegah laptop mengalami Overheat.

Advertisements

Selain kedua cara diatas, berikut kami jelaskan beberpaa metode mudah untuk mengatasi laptop Overheat. Disamping itu, kami juga memiliki informasi mengenai beberapa hal yang berpotensi membuat laptop mengalami Overheat.

Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Mudah

Cara Mengatasi Laptop Overheat

Saat bermain game melalui laptop terlalu lama biasanya laptop akan mengalami masalah berupa Overheat. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kami memiliki beberapa cara mudah dan simpel. Antara lain sebagai berikut :

Perbaiki Sirkulasi Udara

Perbaiki Sirkulasi Udara

Advertisements

Saat laptop mengalami Overheat kalian bisa memperbaiki sistem pendingin laptop. Jika memang sudah eror, kalian cukup menambahkan kipas pendingin eksternal.

Membersihkan Filter Udara

Membersihkan Filter Udara

Advertisements

Solusi untuk laptop Overheat juga bisa dengan cara membersihkan saringan udara menggunakan kuas. Cara ini dapat dilakukan secara rutin untuk mencegah laptop Overheat.

Mengehentikan Beberapa Aplikasi atau Software yang Tidak Digunakan

Mengehentikan Beberapa Aplikasi atau Software yang Tidak Digunakan

Advertisements

Selanjutnya kalian juga bisa mengatasi masalah laptop Overheat dengan menutup beberapa aplikasi atau software yang tidak diperlukan. Proses ini dapat dilakukan melalui menu Start Task Manager.

Merubah Posisi Laptop

Merubah Posisi Laptop

Advertisements

Dengan memposisikan laptop secara benar juga bisa mencegah terjadinya masalah Overheat. Untuk cara ini kalian bisa meletakan laptop diatas meja atau lainnya, asalkan lubang sistem pendingin tidak tertutup.

Memeriksa Kinerja Fan

Memeriksa Kinerja Fan

Advertisements

Saat laptop mengalami Overheat kalian bisa memeriksa kinerja Fan. Jika aliran udara tidak keluar, maka kalian bisa menambahkan Cooling Pad untuk mengembalikan kinerja Fan kembali optimal.

Membersihkan Virus Laptop

Membersihkan Virus Laptop

Advertisements

Overheat pada laptop juga bisa terjadi oleh virus di dalam sistem laptop. Nah, untuk solusinya kalian bisa membersihkan virus-virus tersebut melalui CCleaner atau aplikasi Antivirus lainnya.

Menghapus Cache yang Menumpuk

Menghapus Cache yang Menumpuk

Advertisements

Selain virus, menghapus file Cache menumpuk juga diperlukan untuk mencegah terjadinya Overheat pada laptop. Cara ini bisa kalian lakukan melalui CCleaner atau via browser yang digunakan.

Memanfaatkan Water Cooling System

Memanfaatkan Water Cooling System

Advertisements

Water Cooling System ternyata berperan penting untuk mengatasi masalah Overheat pada laptop. Alat tersebut bisa kalian dapatkan melalui toko peralatan komputer dengan harga 100 ribuan.

Menambahkan Thermal Paste

Menambahkan Thermal Pasta

Advertisements

Dengan menambahkan Thermal Paste pada laptop juga bisa mengatasi masalah Overheat. Tharmal Paste nantinya akan berperan sebagai penghantar panas keluar laptop sehingga suhu CPU akan lebih stabil.

Gunakan Aplikasi Pemantau Suhu Laptop

Gunakan Aplikasi Pemantau Suhu Laptop

Advertisements

Memantau suhu laptop saat digunakan dalam waktu lama merupakan salah satu cara meminimalisir terjadinya Overheat. Cara ini bisa kalian lakukan melalui aplikasi pemantau suhu. Aplikasi tersebut dapat kalian unduh melalui Chrome Store.

Matikan Laptop Selama Beberapa Menit

Matikan Laptop Selama Beberapa Menit

Advertisements

Cara mengatasi laptop Overheat yang terkahir adalah mematikannya selama beberapa saat. Lakukan proses Shutdown dengan benar serta tutup semua aplikasi dan folder yang sedang di buka. Biarkan sejenak hingga suhu laptop menurun.

Apa Itu Overheat Pada Laptop ?

Apa Itu Overheat Pada Laptop

Advertisements

Jika kalian belum paham mengenai apa itu Overheat, masalah ini merupakan peningkatan suhu laptop secara drastis. Overheat biasanya terjadi pada laptop-laptop jadul yang belum mendukung sistem pendingin canggih. Sedangkan untuk laptop keluaran terbaru kami rasa sangat jarang mengalami masalah tersebut.

Penyebab Laptop Overheat

Penyebab Laptop Overheat

Advertisements

Seperti telah kami singgung sebelumnya, dimana laptop bisa mengalami Overheat ketika digunakan dalam waktu lama, terlebih untuk aktivitas gaming. Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab laptop mengalami Overheat :

  • Digunakan untuk main lebih dari 6 jam.
  • Belum mendukung sistem pendingin yang optimal.
  • Terdapat kotoran yang menyumbat di bagian sirkulasi udara laptop.
  • Terdapat mailware di sistem laptop.
  • Adanya file Cache yang menumpuk.
  • Kinerja Fan tidak optimal / Fan sudah rusak.

KESIMPULAN


Itulah beberapa cara mudah dari Gadgetized.net untuk mengatasi laptop Overheat. Beberapa metode diatas kami rasa sangat mudah, selain itu kalian bisa melakukannya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Kalian sendiri apakah memiliki solusi lain untuk mengatasi laptop Overheat ? jika demikian, silahkan berbagi melalui kolom komentar.

Advertisements
Previous

16 Harga Laptop Hp Core i3 Termurah & Terbaru 2020

15 Laptop Intel Core i5 Terbaik 2020 : Informasi Harga

Next

Tinggalkan komentar