8 Frekuensi TV Digital Jabodetabek 2022 & Cara Mencari

|

Frekuensi TV Digital Jabodetabek – Tepat pada tanggal 2 November 2022 kemarin Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengalihkan seluruh siaran TV Analog menjadi TV Digital atau disebut dengan program ASO (Analog Switch Off). Kendati demikian, kini siaran TV Analog telah dihilangkan.

Masyarakat Indonesia yang masih menggunakan TV LED bisa memanfaatkan perangkat bernama STB (Set Top Box) untuk menangkap siaran TV Digital. Sedangkan untuk pengguna TV Tabung, tersedia antena TV Digital (bukan STB) yang dapat dipasang kan pada perangkat tersebut agar TV Tabung bisa menampilkan Channel TV Digital.

Berbicara soal TV Digital, perlu diketahui bahwa setiap Daerah memiliki Frekuensi siaran nya masing-masing, tak terkecuali untuk wilayah Jabodetabek. Nah, untuk kalian yang berdomisili di wilayah tersebut tentu wajib tahu Frekuensi TV Digital Jabodetabek.

Dengan begitu, nantinya kalian bisa melakukan pencarian Channel TV Digital secara maksimal alias semua Channel di area tersebut bisa muncul di layar TV Digital. Lalu berapa Frekuensi TV Digital yang berlaku untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi ? Simak jawabannya di bawah ini.

Frekuensi TV Digital Jabodetabek

Frekuensi TV Digital Jabodetabek

Seperti kita tahu, peralihan siaran TV Analog ke TV Digital memang menimbulkan Pro dan Kontra. Bagi para pengguna SmartTV dan Android TV tentu tidak ada masalah dengan kebijakan ASO yang mulai berlaku secara menyeluruh, tapi untuk masyarakat dari kalangan menengah ke bawah yang masih menggunakan TV LED atau bahkan TV Tabung, tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan kebijakan seperti ini.

Bukan tanpa alasan, agar bisa menikmati siaran TV Digital mereka perlu membeli perangkat tambahan berupa STB maupun Antena TV Digital. Sedangkan untuk harga perangkat itu sendiri dibanderol mulai 50 ribu sampai dengan 500 ribuan.

Meski begitu, untuk kalian yang mungkin tidak punya budget guna membeli perangkat tersebut, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, Pemerintah bakal membagikan STB gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Dengan catatan, kalian sudah memenuhi segala persyaratan yang berlaku.

Terlepas dari penggunaan STB, Antena TV Digital atau perangkat lain yang kaitannya dengan penayangan TV Digital, kalian juga perlu tahu bahwa setiap Channel TV Digital menerapkan Frekuensi yang berbeda-beda di masing-masing wilayah di Indonesia.

Untuk kali ini kami bakal membagikan informasi seputar Frekuensi TV Digital area Jabodetabek. Sebelum itu,perlu kami jelaskan sedikit mengenai apa itu Frekuensi TV Digital. Jadi, istilah ini merupakan sebuah kode untuk mencari Channel TV Digital yang terjangkau di area tertentu.

Kode tersebut nantinya perlu dimasukkan secara manual pada perangkat Televisi di rumah. Meskipun kita tahu bahwa ada fitur pencarian Channel Otomatis pada penggunaan TV Digital, tapi perlu diketahui juga bahwa cara tersebut kadang kurang optimal dalam menemukan Channel atau siaran TV Digital di area Jabodetabek maupun wilayah lain.

Nah, untuk kalian warga Jabodetabek dan sekitarnya yang ingin mencari siaran ANTV, RCTI, Net TV dan lain sebagainya bisa menggunakan beberapa Kode Frekuensi TV Digital berikut ini :

FrekuensiChannel
24 UHF 498 MHzSCTV
Kompas TV
Moji
Mentari TV
Indosiar
32 UHF 562 MHzMetro TV
My TV
BBS TV
BN TV
Magna Channel
Smile
UG TV
JPM TV
34 UHF 578 MHzTV One
Jak TV
Sport One
ANTV
38 UHF (Gn Tela) 610 MHz & 42 UHF (Joglo) 642 MHzTVRI
TVRI Sport HD
TVRI World
TVRI Jakarta
TV MU
Nusantara TV
Badar TV
DAAI TV
Inspira
Net TV
Elshinta TV
40 UHF 626 MHzTrans TV
Trans 7
CNBC
CNN Indonesia
44 UHF 658 MHzRCTI
GTV
MNC TV
iNews
4888 UHF 690 MHzRTV (Rajawali Televisi)
KTV

Cara Mencari Saluran TV Digital Manual

Setelah mengetahui Frekuensi TV Digital untuk wilayah Jabodetabek, lalu bagaimana cara mencari siaran TV Digital menggunakan Frekuensi diatas? Untuk melakukan pencarian atau Scanning siaran TV Digital telah kami siapkan tutorial nya di bawah ini.

Tapi sebelum masuk ke tutorial, terlebih dahulu kalian perlu tahu keunggulan dari mencari saluran TV Digital manual menggunakan Frekuensi. Jadi, cara ini bakal mengoptimalkan pencarian Channel yang diinginkan, dengan catatan Frekuensi yang dimasukkan tepat.

Selain itu, dengan cara manual juga proses pencarian nya lebih simple dan lebih hemat waktu, sebab ketika menggunakan metode pencarian otomatis biasanya membutuhkan waktu sampai 5 menit. Disamping itu, hasil pencarian nya juga tidak banyak, cuma 5 Channel setiap kali Scanning. Oleh karena itu, terkadang ada yang mengalami RCTI tidak ada di TV Digital atau Channel lainnya yang disebabkan oleh hasil pencarian yang kurang optimal.

Nah, berikut adalah tutorial atau tata cara mencari saluran TV Digital dengan metode manual :

1. Nyalakan TV Digital

Nyalakan TV Digital

Langkah pertama silahkan nyalakan TV Digital lalu pilih menu Pencarian di halaman utama

2. Pilih Pencarian Manual

Pilih Pencarian Manual

Kemudian untuk metode pencarian nya kalian pilih Pencarian Manual

3. Masukkan Frekuensi TV Digital

Masukkan Frekuensi TV Digital

Sekarang masukkan kode Frekuensi TV Digital Jabodetabek pada kolom Frekuensi dengan cara menekan tombol arah pada remote. Jika sudah tekan tombol OK pada menu Mulai

4. Tunggu Proses Pencarian

Tunggu Proses Pencarian

Setelah itu tunggu proses pencarian Channel (kurang lebih 5 sampai 10 detik)

5. Selesai

Selesai

Sekarang coba cek daftar Channel di TV Digital, jika sudah muncul Channel dari Frekuensi yang dimasukkan sebelumnya, maka proses pencarian siaran TV Digital manual telah berhasil.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Gadgetized.net mengenai Frekuensi TV Digital Jabodetabek dan sekitarnya. Dengan adanya informasi diatas, kalian para warga Jabodetabek bisa lebih mudah dalam mencari Channel RCTI, MNC, Net TV, Trans TV, Trans7 dan Channel TV Digital lainnya.

Diatas kami juga menjelaskan bagaimana cara mencari siaran TV Digital manual. Cara tersebut dirasa jauh lebih efektif dan akurat dalam menemukan siaran TV Digital yang terjangkau di area Jabodetabek maupun wilayah lainnya di Indonesia.

sumber gambar :

  • Tim Gadgetized.net
  • suaramerdeka.com
  • urdi.org
Previous

Kenapa Data Seluler Tidak Muncul di HP Atau Ponsel

Frekuensi MNC Group di DVB-T2 Seluruh Indonesia 2022

Next

Tinggalkan komentar