10 Cara Menghubungkan HP Oppo Bootloop ke Laptop

|

Mengatasi hp Oppo bootloop atau smartphone android lainnya merupakan hal yang bisa di katakan gampang-gampang susah. Terlebih lagi bagi para pengguna smartphone android awam. Pastinya hal tersebut akan membuat mereka panik dan mengira hp tersebut rusak. Biasanya ketika hal ini terjadi, banyak para pengguna yang langsung membawanya ke tempat service untuk minta di perbaiki.

Padahal jika anda tahu, sebenarnya anda sendiri pun bisa memperbaikinya dengan mudah. Bootloop pada sebuah smartphone merupakan hal yang mungkin bisa di anggap wajar. Mengingat bootloop sendiri adalah masalah pada piranti lunak android yang biasanya di tunjukan dengan kegagalan untuk masuk ke dalam sistem. Ciri khas android Bootloop yaitu hanya menampilkan logo android atau vendor secara berulang-ulang.

Penyebab hp Oppo bootloop ada banyak sekali faktor. Dimana salah satu yang seringkali menjadi masalah utamanya adalah kerusakan software atau sistem pada hp Oppo android tersebut. Cara memperbaikinya pun tidak harus dibawa ke tempat service dengan biaya tidak murah.

Biasanya bootloop pada hp android sendiri di bedakan menjadi dua yaitu bootloop ringan dengan hanya muncul sementara dan bootloop berat yang seringkali membuat smartphone tersebut tidak bisa masuk ke dalam sistem atau homescreen. Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu menghubungkan hp Oppo bootloop tersebut ke laptop atau PC.

Advertisements

Panduan Cara Menghubungkan HP Oppo Bootloop ke Laptop

Namun ada beberapa hal yang mungkin harus kalian pahami agar pada saat proses menghubungkan hp Oppo bootloop tersebut dapat terbaca di laptop. Untuk itulah pada kali ini akan kita rangkumkan cara menghubungkan hp Oppo bootloop ke laptop agar kalian dapat melakukan proses flashing software. Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu di siapkan dan di lakukan untuk bisa menghubungkan hp Oppo bootloop ke laptop.

Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Laptop + Koneksi Internet
  2. Kabel USB Original Oppo
  3. Download Stock ROM Oppo (sesuai tipenya), silahkan cari di google
  4. Download Driver All MTK USB Driver (sesuai tipe hp), silahkan cari di google
  5. Download SP Flashtools (tool untuk proses flashing), silahkan download di sini https://spflashtool.com/download/

Jika sudah menyiapkan semua bahan diatas. Maka hal selanjutnya untuk anda lakukan agar bisa menghubungkan hp Oppo bootloop ke laptop adalah menginstal driver dan juga aplikasi flash diatas. Dan berikut adalah langkah cara menghubungkan hp Oppo bootloop ke laptop secara benar agar proses flashing bisa berjalan dengan lancar.

Langkah Menghubungkan Hp Oppo Bootloop ke Laptop

1. Silahkan ekstrak file yang anda download diatas

2. Silahkan instal driver dari bahan-bahan diatas, biasanya terdapat beberapa driver seperti

  • All MTK Driver
  • PDA Net driver
  • Universal USB Android Driver

3. Setelah itu, silahkan anda buka aplikasi bernama SP Flashtools

Buka Aplikasi SP Flashtools

Advertisements

4. Setelah terbuka silahkan isi data-data dengan benar (biasanya file terletak pada folder ekstrak stock rom)

5. Lanjutkan dengan menekan menu Download pada software tersebut

Menu Download

Advertisements

6. Untuk hp Oppo dengan baterai bisa di lepas kami sarankan lepas baterai tersebut, namun untuk hp Oppo dengan baterai tanam biarkan saja.

7. Hubungkan hp Oppo bootloop tersebut ke laptop dengan kabel USB original yang sudah disiapkan

8. Jika sudah terpasang dan hp bergetar, silahkan tekan kombinasi tombol antara tombol power + volume atas secara bersamaan

Tombol Power Volume Atas

Advertisements

9. Jika anda melakukan cara menghubungkan hp Oppo bootloap diatas dengan benar, maka pada aplikasi flash anda akan melihat proses flashing berjalan biasanya ditandai dengan adanya bar berwarna kuning dengan hitungan persentase

10. Silahkan tunggu sampai proses tersebut selesai hingga 100% dan muncul notifikasi Download OK

Setelah selesi proses tersebut, jika anda mengikuti cara menghubungkan hp Oppo bootloop ke Laptop diatas. Maka anda dapat lengsung mencabut kabel USB yang menghubungkan hp dengan laptop. Setelah itu silahkan anda pasang baterai dan hidupkan ponsel Oppo anda. Masalah bootloop pun sudah bisa anda atasi dengan mudah.

KESIMPULAN


Cara menghubungkan hp Oppo Bootloop ke laptop diatas merupakan cara paling mudah untuk bisa mengatasi masalah hp tidak terdeteksi di laptop sekaligus cara flash hp Oppo Bootloop. Kalau menurut kami sih cara diatas sangatlah mudah. Namun jika anda memiliki cara yang lebih simple untuk menghubungkan hp Oppo bootloop ke laptop silahkan anda bagikan di kolom komentar.

Advertisements
Previous

4 Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung Terbaru Semua Tipe

Harga Laptop Asus Zenbook Pro Duo & Spesifikasi Terbaru 2020

Next

Tinggalkan komentar