5 Cara Mengaktifkan Android System WebView 2020

|

Android System WebView memang sangat penting digunakan pada smartphone dengan operasi sistem Android. System WebView sendiri merupakan bagian dari sistem pendukung Google Chrome sehingga dari berbagai aplikasi bisa secara langsung menuju halaman website tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu. Cara kerjanya adalah membuka link dari sebuath software kemudian menampilkan laman website tersebut.

Misalnya kamu membuka Facebook, lalu teman ada yang share berita terbaru di beranda, kamu bisa langsung membuka situsnya langsung dari Facebook dengan klik dan tidak perlu buka browser. Tidak perlu juga dihubungkan ke laptop untuk mengakses situs apalagi buka software lain. Mengaktifkan Android System WebView memang sangat penting, jika tidak kita tak akan bisa akses berbagai laman.

Tak hanya Facebook, ada banyak aplikasi android lain yang menggunakan Android System WebView sebagai alat utama. Selain itu kamu bisa browsing juga menggunakan System WebView jadi lebih fleksibel serta simple, semuanya dapat dilakukan dengan aplikasinya. Jika ingin melakukan screenshoot juga mudah karena tak perlu beralih. Cara mengaktifkan Android System WebView memang penting dilakukan apalagi untuk smartphone lama dengan spesifikasi terbatas.

Apabila tidak mengaktifkan Android System WebView maka kerja smartphone akan berat karena harus menjalankan berbagai program dalam satu kali jalan. Di Android 5.0 Lollipop kebawah memang WebView adalah aplikasi terpisah yang bisa didapatkan di Play Store. Sedangkan untuk versi Android 6.0 Marshmallow keatas, System WebView sudah berubah menjadi bawaan sehingga mudah menggunakannya.

Advertisements

Cara Mengaktifkan Android System WebView

Namun untuk versi Android 7.0 Nougat keatas System WebView bisa di uninstall dimana sudah digantikan Google Chrome. Secara default System WebView tidak diaktifkan sehingga jika ingin memakai wajib melakukan cara mengaktifkan. Android 7.0 memakai Chrome untuk render laman web dimana berguna pula sebagai penghemat daya baterai. Sayangnya kamu tidak dapat mengaktifkan System WebView dimana sudah tidak ada update terbaru di Play Store.

Memang untuk sistem operasi Android Marshmallow 6.0 wajib mengaktifkan System WebView mengingat fungsinya sangat penting. Jadi biarkan tetap aktif agar kinerja smartphone lebih maksimal. Tapi seandainya versi Android 7.0 lebih maksimal menggunakan Chrome. Karena di Indonesia masih banyak HP lama maka tentunya wajib mengaktifkan System WebView

mengaktifkan Android System WebView

Advertisements

Keuntungan menggunakan System WebView pada HP lama adalah bisa memperluas kapasitas penyimpanan karena tak perlu install browser. Kinerja HP juga akan lebih maksimal karena lebih ringan. Selain itu bisa hemat baterai karena HP tak menjalankan banyak aplikasi pada background. Namun bagi pengguna Android 7.0 keatas disarankan agar tidak menggunakan System WebView karena sudah digantikan dengan Chrome.

1. Buka smartphone Android

2. Buka Pengaturan

3. Cari dan pilih Aplikasi

4. Pada menu Aplikasi silahkan temukan Android System WebView

5. Tap Aktifkan sehingga Android System WebView akan berjalan

KESIMPULAN


Cara menghidupkan System WebView bisa dilakukan dengan mudah, namun disarankan digunakan pada Android 6.0 kebawah. Sedangkan untuk Android 7.0 keatas wajib menginstall Google Chrome sebagai pengganti System WebView. Nah coba share apa merek HP kamu dan apakah menggunakan System WebView pada kolom komentar ya!!

Advertisements
Previous

2 Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung A10

4 Cara Memblokir Admin Grup WhatsApp Mudah & Cepat

Next

Tinggalkan komentar