8 Cara Menggunakan NFC di iPhone Semua Seri : Cek & Top Up Saldo

|

Cara Menggunakan NFC di iPhone – Mungkin sebagian besar pengguna iPhone sudah mengetahui fitur bernama Near Field Communication atau NFC. Namun, tidak semua pengguna iPhone mengetahui apa saja fungsi NFC serta bagaimana tata cara menggunakannya.

Saat awal kemunculannya, fitur NFC sebenarnya hanya bisa digunakan oleh perangkat berbasis Android kelas mid-range dan flagship saja seperti XIAOMI NFC. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, fitur NFC saat ini sudah bisa digunakan oleh pengguna perangkat iOS atau iPhone.

Fitur NFC di iPhone dapat digunakan berkat hadirnya aplikasi Mandiri Online yang belakangan ini melakukan perubahan besar. Kemunculan NFC di iPhone semakin memudahkan pengguna sekaligus nasabah bank Mandiri untuk melakukan beragam transaksi secara elektronik.

Advertisements

Meskipun tata cara penggunaan NFC di iPhone terbilang mudah dilakukan, namun masih ada sebagian penggunanya yang belum mengetahui bagaimana cara kerjanya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone untuk semua tipe dan model.

Apa Itu NFC di iPhone?

Apa Itu NFC di iPhone
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, NFC merupakan sebuah fitur pada iPhone yang dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran digital secara nirkontak (contactless). Dengan kata lain, fitur NFC dapat diartikan memiliki fungsi sama seperti Samsung Pay ataupun Apple Pay.

Secara garis besar, fitur NFC sebenarnya sudah ada dan bisa digunakan sejak pertama kali kemunculan iPhone 6. Namun sayangnya, fitur NFC hanya dapat digunakan saat menggunakan layanan dari Apple Pay saja.

Ramainya penggunaan NFC di iPhone memicu pihak Apple untuk terus melakukan penambahan fitur NFC pada seri selanjutnya seperti iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone 10, iPhone 11 Pro Max serta iPhone 12 Pro Max.

Fungsi NFC di iPhone

Fungsi NFC di iPhone
Advertisements

Pada saat menggunakan NFC di iPhone, penggunanya membutuhkan dua perangkat yang masing-masing harus saling kompatibel. Dimana satu perangkat bertindak sebagai transmitter dan satu lagi bertindak sebagai penangkap sinyal.

Fungsi NFC di iPhone sebenarnya cukup banyak. Nah, sebelum pembahasan cara menggunakan NFC di iPhone lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi atau kegunaan NFC di bawah ini.

  • Transfer data seperti foto ataupun video.
  • Transaksi elektronik (cashless).
  • Isi ulang serta cek saldo E-Money.
  • Bermain game multiplayer.
  • Menggunakan NFC Tag.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Setelah mengetahui pengertian hingga fungsi NFC di iPhone, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menggunakannya. Perlu diketahui, cara mengunakan NFC di iPhone untuk melakukan cek saldo ataupun top up saldo melalui aplikasi Mandiri Online hanya bisa dilakukan oleh perangkat iOS ke atas.

Ketentuan tersebut berlaku sejak adanya pembaruan besar aplikasi Mandiri Online yang kini telah memasuki versi 2.3.4. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone untuk cek saldo dan top up E-Money.

1. Cek Saldo E-Money Mengunakan NFC

  1. Jalankan aplikasi Mandiri Online dan Login menggunakan akun kalian.
    Jalankan Aplikasi Mandiri Online
  2. Pada halaman utama aplikasi Mandiri Online, silahkan masuk ke menu e-money.
    Masuk ke Menu e money
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu Lihat / Perbarui Saldo.
    Lihat atau Perbarui Saldo
  4. Lalu tempelkan kartu e-money pada bagian belakang iPhone, lebih tepatnya pada bagian kamera belakang.
    Tempelkan Kartu e money
  5. Tunggu beberapa saat sampai saldo e-money muncul di layar.
    Saldo e money Muncul

2. Top Up Saldo E-Money Menggunakan NFC

  1. Buka aplikasi dan Login ke akun Mandiri Online milik kalian.
    Login Akun Mandiri Online
  2. Setelah itu pada halaman utama Mandiri Online, silahkan pilih menu e-money.
    Pilih Menu e money
  3. Tahap selanjutnya silahkan pilih menu Isi Ulang e-money.
    Isi Ulang e money
  4. Lalu masukkan detail Kartu Tujuan, Jumlah Saldo serta Deskripsi apabila diperlukan.
    Masukkan Data Top Up
  5. Setelah semua terisi, silahkan klik Lanjut.
    Klik Lanjut
  6. Apabila data sudah benar, ketuk Konfirmasi.
    Ketuk Konfirmasi
  7. Masukan MPIN Mandiri Online kalian.
    Masukan MPIN Mandiri Online Cara Menggunakan NFC
  8. Terakhir, pilih menu Update Saldo Sekarang untuk memastikan bahwa isi ulang saldo e-money berhasil dilakukan.
    Pilih Menu Update Saldo Sekarang Cara Menggunakan NFC

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan NFC ini hanya kompatibel bagi perangkat iPhone dengan versi iOS 13 ke atas. Selain itu, pemilik iPhone tersebut juga harus memiliki aplikasi Mandiri Online versi terbarunya agar penggunaan NFC dapat berjalan lancar.

Itulah sekiranya penjelasan dari Gadgetized.net seputar tata cara menggunakan NFC di iPhone, entah itu untuk cek saldo ataupun top up E-Money. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan panduan ketika hendak menggunakan fitur NFC di perangkat iPhone.

Advertisements
Previous

11 Cara Berhenti Berlangganan Mola TV di HP : Keuntungan & Kerugian

6 Cara Instal AltStore Tanpa Jailbreak 2022 : Windows & Mac

Next

Tinggalkan komentar