15 Cara Mengecek IMEI HP Android 2020 : Samsung, Xiaomi

|

Meningkatnya jumlah pemilik ponsel di Indonesia dari tahun ke tahun dapat dikatakan cukup pesat. Ponsel pintar atau Smartphone adalah salah satu jenis ponsel yang mengalami peningkatan paling signifikan. Setidaknya saat ini ada lebih dari 100 juta orang Indonesia yang aktif menggunakan ponsel pintar. Dari jumlah tersebut, sebagian diantaranya masih menggunakan ponsel ilegal atau sering disebut ponsel Black Market (BM). Hal ini tentunya akan merugikan negara dalam segi pendapatan. Untuk mengatasi permasalahan ini pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana pemblokiran ponsel ilegal melalui IMEI mulai April 2020, sehingga disini kami akan memberitahukan cara mengecek IMEI HP Android.

International Mobile Equipment Identity atau disingkat IMEI adalah nomor identitas yang diberikan oleh Global System for Mobile Communication Association (GSMA) ke setiap perangkat smartphone yang dikeluarkan oleh produsen. Nomor ini akan mencatat setiap slot kartu SIM ponsel yang ada. Sehingga apabila sebuah perangkat mempunyai dua buah slot kartu maka akan memiliki dua buah IMEI yang berbeda.

Ketika sebuah ponsel akan dijual di Indonesia nomor IMEI ini harus didaftarkan kepada Kemenperin  terlebih dahulu. Proses pengumpulan data IMEI dari seluruh produsen resmi saat ini sedang dilakukan oleh Kemenperin. Selanjutnya data tersebut akan digunakan sebagai sistem pemblokiran. Sistem pemblokiran yang akan dilakukan pemerintah adalah dengan memblokir jaringan pada ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar dalam data Kemenperin. Ponsel yang kedapatan memiliki IMEI ilegal tidak akan mendapatkan jaringan seluler dimanapun lokasinya berada.

Untuk melakukan pengecekan nomor IMEI ini tidaklah sulit, hanya membutuhkan beberapa langkah. Pertama-tama kita harus mengetahui nomor IMEI pada ponsel yang kita miliki atau yang hendak kita beli. Ada empat cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui nomor IMEI ponsel yang sudah dihimpun oleh gadgetized, yaitu:

Advertisements

Cara Mengecek IMEI HP Android

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP Android Samsung dan Xiaomi

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP Samsung dan Xiaomi

Advertisements

  1. Menu Pengaturan atau Setting

Cara paling umum dilakukan adalah dengan mengecek pada menu pengaturan ponsel. Pada pengaturan ponsel android pada umumnya nomor IMEI dapat ditemukan dengan masuk pada menu “Pengaturan” lalu pilih “Tentang Perangkat” kemudian pilih “Status” selanjutnya pilih “Informasi IMEI” maka akan muncul tampilan seperti ini. Untuk ponsel Iphone sendiri hanya perlu masuk pada menu “Pengaturan” lalu pilih “Umum” kemudian pilih “Tentang”, dana akan muncul tampilan seperti berikut.

  1. Casing belakang atau body belakang ponsel

Cara paling simpel adalah mengecek pada sticker dibagian casing belakang ponsel. Akan tetapi cara ini tidak terlalu efektif karena tidak semua ponsel memilik sticker tersebut, melainkan hanya beberapa vendor saja yang sudah melakukan penambahan sticker di casing belakang.

  1. Kotak kardus ponsel

Cara paling simpel nomor dua adalah dengan mengecek pada kotak kardus ponsel. Semua kotak kardus ponsel memiliki informasi nomor seri perangkat serta nomor IMEI dari perangkat tersebut.

  1. Menelpon nomor *#06#

Cara paling praktis untuk mengetahui nomor IMEI ponsel yang kita miliki adalah dengan men-dial atau menelepon nomor *#06# pada menu telepon di ponsel kita. Setelahnya maka akan muncul tampilan seperti ini.

Nomor IMEI yang kita peroleh akan berjumlah 14-16 angka. Ketika kita sudah mengetahui nomor IMEI dari perangkat yang kita miliki selanjutnya hanya perlu mencocokkan dengan data yang dimiliki oleh Kemenperin. Cara untuk mencocokkannya pun cukup mudah, cukup dengan mengikuti langkah berikut ini.

Langkah Mengecek IMEI HP Android

Langkah Mengecek IMEI HP Android

Advertisements

  1. Mengunjungi situs web resmi Kemenperin

Kunjungilah situs web resmi Kemenperin dengan mengakses tautan imei.kemenperin.go.id sehingga akan muncul tampilan web seperti berikut.

  1. Tuliskan nomor IMEI

Selanjutnya tuliskan nomor IMEI yang sudah diketahui dari salah satu cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada kolom yang tersedia.

  1. Ketuk tombol Cari atau Search

Ketuk tombol cari atau search yang ada pada laman. Kemudian tunggu proses pengecekan berlangsung, proses ini hanya berlangsung sebentar.

  1. Ulangi langkah-langkah diatas

Apabila ponsel yang kita miliki memiliki dua slot kartu sim maka harus kita ulangi proses-proses tadi untuk memastikan keduanya memiliki IMEI yang terdaftar.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas kita dapat terhindar dari ponsel ilegal yang masih beredar ditengah masyarakat. Karena hakikatnya keberadaan barang ilegal merusak perekonomian bangsa dan negara. Selamat mencoba!

Advertisements
Previous

15 Cara Melihat Foto Instagram yang di Private Tanpa Follow

22 Cara Main PUBG Mobile di PC Untuk Pemula

Next

Tinggalkan komentar