25 Cara Mendaftar BPJS Online Lewat Hp Android & iOS

|

Advertisements

Semakin majunya perkembangan teknologi di dunia, membuat banyak hal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satu dampak yang dirasakan yaitu cara mendaftar BPJS secara online lewat hp dengan mudah. Hp?? Untuk saat ini siapa tidak mengenal dan memiliki hp, hp sendiri merupakan alat pintar yang fungsinya sangat signifikan serta membantu sekali dalam kebutuhan sehari-harinya baik anak muda sampai orang tua, semuanya  sudah menggunakan apa itu namanya hp. BPJS sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang ditujukan ke semua masyarakat di Indonesia untuk menjamin kesehatannya.

Namun ada sebagian orang, pada saat ini belum mendaftarkan diri ikut serta karena banyak sekali alasan. Entah itu beralasan tidak mau mengantri di kantor BPJS dikarenakan panjang serta ada juga alasan lainnya. Tapi tenang saja, saat ini cara mendaftar BPJS online melalui atau lewat hp. Namun sebelumnya, pendaftar harus memiliki paket data internet agar dapat mengaksesnya. Nah, untuk anda yang menggunakan paket data smartfren, harga paket unlimited smartfren 4G saat ini sudah terbilang sangat terjangkau. Jika sudah ada paket anda dapat memulai mendaftar secara online lewat hp dengan mengikuti arahan.

Sebelum membahas mengenai cara mendaftar BPJS online melalui atau lewat hp, alangkah baiknya anda mengetahui apa saja si yang dapat dirasakan jika sudah ikut serta dalam program BPJS ini. Dengan sudahnya anda terdaftar sebagai anggota, para anggota akan mendapat hak untuk melakukan berobat dengan pemilihan kelas dahulunya telah diajukan pada saat sebelum mendaftarnya. Memang BPJS sendiri memiliki 3 tingkatan kelas berbeda, yaitu ada kelas 1, kelas 2 serta kelas 3. Setiap kelas menawarkan pelayanan berbeda pula pastinya mengingat iuranpun juga berbeda.

Sebelum lanjut pada cara mendaftar BPJS online lewat hp, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui besaran iuran yang dijatuhkan setiap bulannya kepada para anggotanya. Saat ini, besaran iuran BPJS kelas 1 jatuh pada Rp 80.000, kelas 2 Rp 51.000 serta kelas 3 Rp 25.500. Tarif iuran diatas dapat berubah setiap saat mengikuti ketentuan dari pihak BPJS. Dengan iuran sebesar itu, sekedar saran bagi anda yang terbilang mampu atau golongan menengah ke atas, anda dapat memilih kelas 1 sehingga nantinya dapat naik tingkatan ke kelas VIP dengan membayar biaya rawat inap sesuai kelasnya.

Advertisements

Cara Mendaftar BPJS Online Lewat Hp Terbaru

Persyaratan Daftar BPJS Online

Persyaratan

Sebelum anda melakukan cara mendaftar BPJS secara online lewat hp, diwajibkan agar menyiapkan dokumen yang nantinya akan diminta untuk dimasukkan. Dokumen penting ini sangat wajib diikut sertakan pada saat mendaftar BPJS online seperti:

  • Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika tidak ada dapat gunakan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Paspor.
  • Buku nikah, jika sudah menikah.
  • Fotocopy buku tabungan, nantinya digunakan untuk menanggung biaya iuran.
  • Pas Foto ukuran 3 x 4, 2 lembar.
  • Kartu Keluarga (KK) terbaru.

Jika semua persyaratan untuk mendaftar BPJS online sudah disiapkan, nantinya semua dokumen dilakukan secara digital. Sehingga bagi anda yang ingin mendaftar BPJS online ini hanya mengupload dokumen yang diperlukan saja saat mendaftarnya.

Cara Mendaftar BPJS Online Menggunakan Hp

Cara Mendaftar BPJS Online Menggunakan Hp

1. Cara pertama ketika akan mendaftar BPJS online melalui hp cukup membuka browser terlebih dahulu, kemudian masuk ke situs resminya  www.bpjskesehatan.go.id.

2. Jika sudah masuk, selanjutnya mendaftar BPJS online lalu klik menu “LAYANAN” kemudian pilih “PENDAFTARAN PESERTA“.

3. Lalu akan muncul berupa halaman user manual pendaftaran berisi tautan mengenai persyaratan dan ketentuan menjadi anggota BPJS .

4. Langkah selanjutnya klik tulisan “Saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran BPJS” klik centang. Kemudian klik “PENDAFTARAN“.

5. Kemudian di menu tampilan untuk mengisi jenis kepesertaan. Terdapat dua kolom, yaitu pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja. Terbagi menjadi 3 pilihan bagi Bukan Pekerja yaitu Penerima Pensiun Swasta, Pemberi Kerja, Investor.

6. Jika sudah lengkap dalam memilih jenis kepesertaan. Cara selanjutnya klik tulisan “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta anggota keluarga” lalu mengisi nomor Kartu Keluarga.

7. Kemudian anda akan diminta mengisikan kode Captcha sesuai gambar. Jika sudah klik “INQUERY KARTU KELUARGA“.

8. Jika memasukkan nomor Kartu Keluarga sudah benar, maka akan dengan sendirinya muncul seluruh anggota keluarga. Kemudian klik “PROSES SELANJUTNYA“.

9. Kemudian cara mendaftar BPJS online lewat hp selanjutnya yaitu mengisi nomor hp, NPWP, alamat. Klik “PENCARIAN” untuk dapat menemukan alamat anda.

10. Kemudian centang salah satu kotak persyaratan dengan menyatakan bahwa alamat ini dimasukkan sudah benar dan sesuai.

11. Lalu pendaftar diminta agar memilih Faskes tingkat 1, nantinya digunakan untuk meminta rujukan. Pendaftar dapat memilih Faskes yang berdekatan dengan lokasi tempat tinggal.

12. Cara selanjutnya tentang mendaftar BPJS online lewat hp yaitu upload data diri yang sudah di siapkan tadi dengan ukuran minimal 50 kb. Pilih foto dalam galeri hp anda, kemudian klik “PROSES SELANJUTNYA“.

13. Langkah selanjutnya tinggal ikuti saja peerintah dari sistem

Cara Mendaftar BPJS Online Lewat Hp

1. Mengisi nama peserta anggota di Kartu Keluarga untuk mendaftar BPJS .

2. Memilih kelas yaitu kelas 1, kelas 2, kelas 3.

3. Memasukkan nomor rekening, nantinya digunakan untuk pembayaran iuran BPJS .

4. Mengisikan nomor hp dan alamat email pendaftar.

5. Kemudian mengisikan kode Captcha, lalu klik “Kirim email”.

6. Dengan otomatis sistem BPJS online akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat yang sudah dimasukkan pada saat mendaftar BPJS secara online.

7. Jika kiriman email anda tidak ada balasan atau jawaban, coba cek mungkin terkirim ke folder Spam.

8. Setelah email dibuka maka akan tertera URL Aktivitas dan silakan pendaftar untuk klik URL tersebut, nantinya akan mendapatkan nomor Virtual Account untuk digunakan untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya.

9. Pendaftar hanya tinggal melakukan pembayaran ke Bank dengan menunjukan nomor Virtual Account tersebut. Dapat melakukan pembayaran melalui Mandiri, BRI, BNI.

10. Biaya mendaftar BPJS online gratis atau tidak dipungut biaya.

11. Setelah itu, anda dapat mencetak link yang tertera pada email atau bisa juga datang langsung ke kantor BPJS untuk mencetak kartu peserta BPJS Kesehatan.

12. Pada sata cetak kartu BPS, sebaiknya bawa identitas serta kartu keluarga

KESIMPULAN


Kesehatan memang sangat penting, dengan cara ikut serta menjadi anggota dalam program pemerintah bernama BPJS ini anda sudah ikut dalam mewujudkan salah satu programnya. Maka dari itu kami sarankan untuk mendaftar di kantor BPJS terdekat atau dapat melakukannya dengan cara mendaftar BPJS secara online lewat hp. Manfaatkan teknologi yang ada untuk dapat mempercepat serta mempermudah kegiatan maupun pekerjaan anda. Untuk anda yang pernah mencoba mendaftar melalui online, apakah ada pengalaman yang mudah atau justru sulit? bagi cerita kalian di kolom komentar ya.

Advertisements
Previous

40 Harga Hp 4G Termurah Terbaru & Terlengkap 2020

Harga Samsung Galaxy A71 dan Spesifikasi Lengkap 2020

Next

Tinggalkan komentar