Gagal Isi Token Listrik 2022 : Penyebab & Cara Mengatasi

|

Sebagai pengguna meteran Listrik Prabayar pastinya kalian perlu membeli Token Listrik setiap bulannya. Namun pernahkah kalian mengalami gagal isi Token Listrik ? Jika demikian, kami punya pembahasan selengkapnya mengenai permasalahan tersebut.

Token Listrik merupakan sekumpulan nomor yang diperoleh setiap kali Top Up. Nomor tersebut berisi sejumlah pulsa sesuai nominal Top Up dimana nantinya harus dimasukkan ke dalam meteran. Jika proses pengisian Token Listrik lancar, pada layar meteran akan muncul notifikasi “Berhasil / Benar”.

Sebaliknya ketika nomor Token yang dimasukkan tidak benar, maka di layar akan meteran akan muncul tulisan “Periksa”. Lalu apa jadinya ketika nomor Token yang diisikan sudah benar, tapi tetap saja pulsa Listrik tidak bertambah? Kalau terjadi demikian, maka ada beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan terjadinya masalah tersebut.

Sebenarnya masalah gagal isi Token Listrik bukan suatu masalah yang baru di kalangan pengguna meteran Prabayar. Berikut ini Gadgetized.net telah menyiapkan ulasan lengkap mengenai penyebab hingga cara mengatasi gagal isi Token Listrik di meteran Pulsa.

Gagal Isi Token Listrik

Gagal Isi Token Listrik

Token atau Pulsa Listrik tentu saja menjadi kebutuhan utama para pelanggan meteran Listrik Prabayar. Sama hal nya HP, meteran ini juga hanya bisa berfungsi sebagaimana mestinya ketikan terdapat pulsa di dalamnya. Para pelanggan bisa melakukan Top Up atau pembelian Token Listrik secara Offline melalui Minimarket, ATM hingga di Agen-Agen Pembayaran seperti BRILink dan sejenisnya.

Selain itu, Top Up Token Listrik juga bisa dilakukan via Online melalui aplikasi jual pulsa, layanan Mobile Banking, Dompet Digital dan lain sebagainya. Terlepas dari apapun metode yang digunakan, setiap kalian melakukan Top Up pastinya pelanggan bakal menerima nomor Token yang berjumlah 20 digit.

Seperti kami singgung diatas bahwa pada saat ini Token Listrik, pastikan kalian sudah memasukkan semua nomor dengan benar. Apabila ada saja satu nomor yang salah, maka proses pengisian Token Listrik tidak akan berhasil alias gagal. Disamping itu, ternyata ada juga penyebab lain mengenai masalah tersebut.

Penyebab Gagal Isi Pulsa Listrik

Penyebab Gagal Isi Pulsa Listrik

Jadi ada pengakuan dari beberapa pelanggan yang sudah memasukkan nomor Token Listrik dengan benar namun jumlah pulsa di meteran tidak bertambah. Ketika mengalami hal tersebut tentu kalian merasa dirugikan karena sudah keluar uang untuk membeli Token Listrik. Lalu apa faktor penyebab dari masalah tersebut? Temukan Jawabannya dibawah ini :

1. Lupa Menekan Tombol Enter

Penyebab pertama mungkin bisa terjadi karena pada proses pengisian Token Listrik pelanggan lupa menekan tombol Enter di meteran. Jika demikian, meskipun nomor Token yang diisikan sudah sesuai, tetap saja pulsa tidak akan masuk. Biasanya hal semacam ini dialami oleh para pelanggan baru yang sebelumnya menggunakan meteran Pasca Bayar.

2. Sedang Terjadi Update / Gangguan Sistem

Sedangkan untuk penyebab kedua dari masalah gagal isi Token Listrik adalah sedang adanya gangguan maupun update pada sistem penggunaan meteran Prabayar. Jika terjadi demikian, maka transaksi isi ulang pulsa Listrik bakal tertunda sementara waktu hingga proses Maintenance berakhir.

3. Ada Pengajuan Pelanggan yang Belum Terselesaikan

Terakhir, gagal isi Token Listrik juga bisa disebabkan oleh adanya permohonan pelanggan yang belum terselesaikan. Misal, kalian sedang membuat pengajuan tambah daya dan sejenisnya. Namun sebelum proses pengajuan selesai, kalian melakukan pembelian Token Listrik, maka proses pengisian bisa dipastikan akan gagal.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Isi Token Listrik

Cara Mengatasi Tidak Bisa Isi Token Listrik

Sampai disini kalian sudah mengetahui beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gagal isi Token Listrik. Dengan begitu, kalian pasti ingin tahu seperti apa cara mengatasi masalah tersebut. Tenang, sesuai janji diatas berikut ini telah kami siapkan beberapa solusi untuk menangani permasalahan gagal isi Token Listrik, diantaranya :

1. Masukkan Nomor Token Perbaikan

Cara pertama adalah memasukkan nomor Token Perbaikan yang diperoleh dari petugas PLN. Disini Saya pribadi juga pernah mengalami gagal isi Token Listrik dan coba melakukan konfirmasi ke petugas melalui WhatsApp. Dari sini petugas memberikan 4 nomor Token Perbaikan, yaitu :

  • 5994 – 8276 – 9542 – 6421 – 8792
  • 3134 – 8015 – 2114 – 5895 – 1139
  • 5521 – 9555 – 4935 – 1623 – 1139
  • 3422 – 7702 – 2496 – 9813 – 7590

Kalian juga bisa menggunakan nomor Token Listrik tersebut untuk memperbaiki masalah gagal isi Token Listrik. Adapun cara menggunakan nomor-nomor Token diatas adalah sebagai berikut :

  • Masukkan nomor Token baris pertama lalu tekan Enter
  • Setelah input nomor Token baris selanjutnya secara urut. Jangan lupa untuk menekan tombol Enter setiap kali memasukkan nomor Token.
  • Apabila semua nomor Token diatas sudah diisikan, sekarang coba isi Token Listrik dengan nomor yang kalian peroleh dari pembelian.
  • Biasanya nominal pulsa di layar meteran akan bertambah sesuai jumlah pulsa Listrik yang dibeli.

2. Hubungi Call Center PLN

Apabila cara diatas tidak kunjung berhasil untuk mengatasi gagal isi Token Listrik, maka coba pakai cara kedua, yaitu menghubungi Call Center PLN di nomor 123. Untuk melakukan panggilan ke Call Center PLN setidaknya kalian perlu menyiapkan pulsa 25.000.

Setelah berhasil tersambung dengan petugas, silahkan jelaskan permasalahan yang sedang dialami, yaitu pengisian Token Listrik tidak masuk. Nantinya petugas bakal memberikan penjelasan lebih lanjut terkait penyebab hingga solusi yang harus dilakukan. Melalui panggilan ini kalian juga bisa konfirmasi terkait permohonan yang sedang diproses maupun keperluan lain seputar penggunaan layanan meteran Prabayar.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Gadgetized.net mengenai penyebab hingga cara mengatasi nomor Token Listrik yang dimasukkan selalu gagal. Semoga setelah menyimak ulasan diatas, kalian tidak perlu panik lagi jika suatu saat menjumpai masalah serupa dalam mengisikan nomor Token Listrik.

Previous

20 Aplikasi Download Lagu MP3 Gratis Android Super Cepat 2022

Thetan Arena Tidak Bisa Dibuka : 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Next

Tinggalkan komentar