10 Cara Menggabungkan File JPG di Android : Online & Aplikasi

|

Cara Menggabungkan File JPG di Android – Menggabungkan beberapa gambar atau file format JPG sebenarnya sangat gampang untuk dilakukan. Sebab, hanya bermodalkan smartphone Android, kalian sudah bisa menyatukan 2 gambar atau bahkan lebih menjadi satu bingkai.

Namun, masih ada saja sebagian besar pengguna Android di luar sana yang belum mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Tentunya cara menggabungkan atau dalam istilah yaitu merger beberapa gambar bisa dilakukan baik itu tanpa aplikasi ataupun menggunakan aplikasi tambahan.

Terlebih lagi, saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali situs online yang dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa file JPG. Dimana tentunya situs online tersebut dapat diakses secara gratis di smartphone Android seperti saat MENERJEMAHKAN PDF.

Advertisements

Namun, sebelum melakukannya kalian juga harus mengerti bagaimana tahapan-tahapannya. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai tata cara menggabungkan file JPG di Android baik itu tanpa maupun menggunakan aplikasi.

Cara Menggabungkan File JPG di Android via Online

Seiring berkembangnya era digital seperti sekarang ini, berbagai situs dan aplikasi bermunculan guna membantu pengguna Android dalam melakukan berbagai macam kegiatan, termasuk menggabungkan file gambar maupun foto. Dimana alat tersebut dapat digunakan oleh para pengguna Andorid asalkan terhubung ke akses koneksi jaringan internet.

Sebenarnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali situs online yang menyediakan alat penggabungan atau merger sejumlah file JPG. Menariknya lagi, gabungan file JPG tersebut nantinya dapat pengguna ubah menjadi format lainnya, seperti PDF, docx dan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa situs online tersebut juga dapat digunakan secara gratis oleh seluruh pengguna Android. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menggabungkan file JPG di Android via situs online berikut ini.

1. Kunjungi Situs Online Merger File JPG

Kunjungi Situs Online Merger File JPG
Advertisements

Cara pertama, silahkan kunjungi situs online penggabungan file JPG melalui browser di smartphone Android kalian, misalkan melalui situs Product Aspose di https://products.aspose.app/pdf/id/merger/jpg-to-jpg. Pastikan ponsel Android kalian mempunyai koneksi jaringan internet stabil dan lancar.

2. Unggah File JPG

Unggah File JPG
Advertisements

Setelah berada di situs online tersebut, silahkan unggah beberapa dokumen pada kolom yang sudah disediakan. Perlu diingat, kalian bisa mengunggah lebih dari 2 file JPG, baik itu dari kamera atau dari penyimpanan telepon.

3. Tentukan Mode

Tentukan Mode
Advertisements

Setelah file JPG berhasil terunggah, silahkan tentukan mode penggabungan. Ada 2 pilihan menggabungkan file JPG, yaitu vertikal serta horizontal. Pilihlah sesuai kebutuhan dan keinginan kalian.

4. Gabungkan File JPG

Gabungkan File JPG
Advertisements

Cara selanjutnya, silahkan ketuk Bermerger untuk menggabungkan file JPG tersebut. Tunggu beberapa saat sampai proses merger atau penggabungan selesai.

5. Simpan File Gabungan

Simpan File Gabungan
Advertisements

Jika penggabungan file JPG berhasil, silahkan klik Download untuk mengunduhnya atau Lihat Hasil untuk menampilkan hasil penggabungan file.

Cara Menggabungkan File JPG di Android dengan Aplikasi

Selain melalui situs online, menggabungkan beberapa file JPG di smartphone Android juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi tambahan. Pastinya sejumlah aplikasi-aplikasi merger file gambar atau foto tersebut dapat digunakan secara gratis oleh semua pengguna Google Play Store.

Di Google Play Store sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi penggabung file JPG, mulai dari Image Combiner, Pic Merger, Photo Merger, Pix Mic, Collage Maker dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik cara menggabungkan file JPG di Android di bawah ini.

1. Download Aplikasi Merger Foto

Download Aplikasi Merger Foto
Advertisements

Pertama-tama, silahkan download dan install aplikasi Image Combiner di Android terlebih dahulu. Aplikasi Image Combiner hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan telepon sebesar 15 MB saja.

2. Tambahkan File JPG

Tambahkan File JPG
Advertisements

Setelah berhasil terinstall, silahkan buka dan jalankan aplikasi tersebut. Pada halaman utama, silahkan tambahkan beberapa file JPG. Aplikasi ini juga membebaskan penggunanya untuk mengunggah lebih dari 2 file JPG.

3. Gabungkan Gambar

Gabungkan Gambar
Advertisements

setelah file JPG terunggah, silahkan ketuk Gabung Gambar. Tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan gambar berhasil dilakukan.

4. Sesuaikan Orientasi

Sesuaikan Orientasi
Advertisements

Nantinya pengguna juga bisa menyesuaikan orientasi hasil penggabungan file JPG, baik itu secara vertikal ataupun horizontal. Menariknya lagi, penggunanya juga bisa menambahkan bingkai di dalam file tersebut.

5. Simpan Gabungan File JPG

Simpan Gabungan File JPG
Advertisements

Langkah terakhir, klik Simpan untuk mendownloadnya ke galeri atau ketuk Bagi untuk membagikannya ke media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Twitter. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka cara menggabungkan file JPG di Android melalui aplikasi tambahan berhasil dilakukan.

Penyebab Gagal Menggabungkan File JPG di Android

Penyebab Gagal Menggabungkan File JPG di Android
Advertisements

Meskipun cara menggabungkan sejumlah gambar menjadi satu di smartphone Android terbilang mudah dilakukan, namun masih ada saja sebagian penggunanya mengeluhkan bahwa mereka gagal dalam melakukannya. Biasanya salah satu penyebab kegagalan proses meger file JPG tersebut yaitu mengenai koneksi jaringan internet.

Pasalnya, koneksi jaringan internet yang buruk dan tidak stabil bisa menjadi faktor utama penyebab kegagalannya. Oleh sebab itu, sebaiknya saran kami gunakanlah koneksi yang kuat seperti jaringan WiFi ketika hendak menggabungkan file JPG, entah itu via online maupun melalui aplikasi.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan seputar tata cara menggabungkan file JPG di Android baik itu via situs online maupun menggunakan aplikasi tambahan versi Gadgetized.net. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika akan menggabungkan beberapa file JPG menjadi satu di smartphone Android.

Advertisements
Previous

√ Wifi Tidak bisa Internet di HP Xiaomi : Penyebab & Solusi

13 Cara Screenshot Realme X50 5G Terbaru 2022

Next

Tinggalkan komentar