9 Cara Mengatasi HP Error Oppo Semua Tipe : Lemot & Mati

| ,

Cara Mengatasi HP Error Oppo – Oppo merupakan salah satu smartphone yang banyak digemari oleh kalangan anak muda ataupun remaja di Indonesia. Pasalnya, Oppo memiliki segudang fitur yang sangat menarik, terutama kamera depannya yang menjadi opsi utama dalam memaksimalkan aksi selfie di setiap momen.

Sama halnya seperti HP jenis lainnya, pastinya dibalik sejumlah keunggulan Oppo tersebut terdapat beberapa kelemahan. Sebagian besar pengguna Oppo kerap mengeluhkan bahwa ponsel mereka mengalami permasalahan atau error pada saat sedang digunakan.

Tentunya permasalahan tersebut akan sangat mengganggu pemilik HP terutama jika akan digunakan dalam keadaan genting. Oleh sebab itu, banyak pengguna Oppo yang mencari informasi terkait apa saja masalah HP Oppo dan bagaimana tata cara mengatasinya.

Sebagaimana diketahui, setiap permasalahan pada HP Oppo tentunya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang penyebab hingga cara mengatasi HP error Oppo untuk semua jenis serta tipenya.

Masalah HP Oppo

Masalah HP Oppo

Setiap smartphone Android tentunya memiliki KODE RAHASIA masing-masing, termasuk HP Oppo. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kode rahasia tersebutlah yang membuat HP Oppo penggunanya mengalami beberapa masalah atau error.

Perlu diketahui, masalah pada perangkat Oppo juga sangatlah bermacam-macam. Sebelum pembahasan cara mengatasi HP error Oppo berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis permasalahannya di bawah ini.

  • Aplikasi berhenti secara tiba-tiba.
  • Proses Android telah berhenti.
  • Launcher Oppo bermasalah.
  • Notifikasi Oppo tidak muncul.
  • Memori ponsel tidak cukup saat menginstall aplikasi.
  • Ruang tidak mencukupi saat download aplikasi.
  • Booting berhenti di logo Oppo.
  • HP Oppo mati dengan sendirinya.
  • Munculnya gambar headset.

Cara Mengatasi HP Error Oppo

Seperti dijelaskan di atas, penyebab HP error Oppo tentu bermacam-macam, bisa karena virus, bug sistem, file sampah dan lain sebagainya. Setiap permasalahan juga biasanya memiliki cara perbaikannya sendiri-sendiri. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan tata cara mengatasi HP error Oppo semua seri.

1. Aplikasi Telah Berhenti

Sebagian besar pengguna smartphone Oppo pasti pernah mendapatkan pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”. Pada dasarnya permasalahan tersebut tidak hanya dialami oleh pengguna Oppo saja, namun juga pengguna ponsel Android lainnya.

Biasanya penyebab permasalahan ini yaitu karena memori penuh, menumpuknya file sampah, virus, aplikasinya tidak kompatibel dan lain sebagainya. Cara mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membersihkan file sampah serta data.

  1. Buka menu Pengaturan.
    Buka Menu Pengaturan
  2. Pilih menu Menajemen Aplikasi.
    Pilih Menu Menajemen Aplikasi
  3. Masuk menu Daftar Aplikasi.
    Masuk Menu Daftar Aplikasi
  4. Cari nama aplikasinya.
    Cari Nama Aplikasinya
  5. Ketuk Penggunaan Penyimpanan.
    Ketuk Penggunaan Penyimpanan
  6. Lalu klik Hapus Data.
    Lalu Klik Hapus Data

2. Proses Android Telah Berhenti

Selain mengalami masalah Aplikasi Telah Berhenti, pengguna HP Oppo juga kerap mendapatkan pesan error seperti “Proses Android Telah Berhenti”. Cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan membersihkan cache dan data, RESTART HP OPPO, hard reset hingga flashing.

Namun, cara paling gampang dalam mengatasi permasalahan atau error HP Oppo tersebut yaitu dengan menghapus cache serta data aplikasinya. Berikut akan kami berikan tata caranya.

  1. Buka menu Pengaturan.
    Buka Pengaturan
  2. Pilih menu Manajemen Aplikasi.
    Pilih Manajemen Aplikasi
  3. Masuk menu Daftar Aplikasi.
    Masuk Daftar Aplikasi
  4. Carilah Download/Musik Player/Pengelola File.
    Carilah Pengelola File
  5. Ketuk Penggunaan Penyimpanan.
    Pilih Penggunaan Penyimpanan
  6. Terakhir tap Hapus Data.
    Tap Hapus Data

3. Oppo Launcher Telah Berhenti

Oppo Launcher Telah Berhenti Cara Mengatasi HP Error

Sebagaimana diketahui, Oppo Launcher merupakan bagian penting pada perangkat Oppo. Apabila Oppo Launcher error, maka biasanya pengguna tidak akan bisa melakukan aktivitas multitasking apapun.

Hal ini dikarenakan Oppo Launcher berpengaruh pada semua tampilan layar HP Oppo. Untuk mengatasinya penggunanya dapat melakukan Wipe Data atau Hard Reset melalui Recovery Mode.

4. Notifikasi Oppo Tidak Muncul

Notifikasi Oppo Tidak Muncul Cara Mengatasi HP Error

Masalah selanjutnya pada HP Oppo yaitu notifikasi seperti WhatsApp, LINE, Instagram atau aplikasi lainnya tidak muncul sama sekali. Cara mengatasi HP error Oppo terkait permasalahan ini yaitu pengguna melakukan pengecekan pada fitur notifikasi pada menu Setelan atau Pengaturan.

5. Memori Tidak Cukup

Memori Tidak Cukup Cara Mengatasi HP Error

Masalah HP Oppo selanjutnya yaitu memori tidak cukup saat menginstall aplikasi. Untuk Mengatasi permasalahan tersebut, pengguna HP Oppo bisa mengurangi sebagian file yang tersimpan di memori internal.

Selain itu, pengguna juga bisa memindahkan beberapa berkas besar pada memori internal ke memori eksternal. Jika masih belum cukup, silahkan hapus sebagian aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan.

6. Ruang Tidak Mencukupi

Ketika kalian sedang mengunduh aplikasi dari Google Play Store lalu tiba-tiba muncul notifikasi bahwa penyimpanan tidak cukup atau ruang penyimpanan habis, maka kalian pasti akan merasa kecewa. Cara mengatasi HP error Oppo terkait kekurangan ruang yaitu dengan menghapus sebagian software atau game yang tidak pernah dipakai.

  1. Buka menu Pengaturan.
    Pengaturan
  2. Pilih menu Manajemen Aplikasi.
    Manajemen Aplikasi
  3. Masuk menu Daftar Aplikasi.
    Daftar Aplikasi
  4. Cari nama aplikasinya.
    Cari Aplikasi
  5. Kemudian ketuk Bongkar.
    Bongkar

7. Booting Berhenti di Logo Oppo

Booting Berhenti di Logo Oppo Cara Mengatasi HP Error

Booting berhenti di logo Oppo merupakan salah satu masalah serius yang merepotkan penggunanya. Booting yang gagal atau berhenti tersebut juga biasanya dikenal dengan istilah Bootloop.

Terdapat dua metode atau cara mengatasi yang bisa dilakukan, yaitu melakukan Hard Reset atau Wipe Data melalui menu ColorOS Recovery serta Flashing. Saran kami sebaiknya bawalah smartphone ke jasa service Oppo terpercaya supaya lebih aman.

8. HP Oppo Mati Sendiri

HP Oppo Mati Sendiri Cara Mengatasi Error

Mungkin permasalahan HP Oppo mati sendiri jarang dirasakan oleh beberapa penggunanya. Namun, terdapat beberapa pengguna mengeluhkan bahwa ponsel mereka terkadang mati dengan sendirinya.

Penyebab HP error tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari daya baterai yang melemah atau kurang dari 20%, adanya virus pada sistem, memori penuh, banyaknya file sampah dan lain sebagainya.

Adapun cara mengatasi HP error Oppo mati sendiri yaitu dengan melakukan perawatan software secara rutin. Perawatan ini bisa meliputi pembersihan file cache, melakukan boost pada RAM atau bisa juga melakukan flashing.

9. Menghilangkan Gambar Headset

Menghilangkan Gambar Headset Cara Mengatasi HP Error

Masalah terakhir yang kerap dialami pengguna HP Oppo yaitu mode headset tidak bisa hilang. Sebenarnya CARA MENGHILANGKAN GAMBAR HEADSET ini cukup mudah untuk dilakukan oleh para penggunanya.

Pengguna bisa mengatasi dengan cara merestart HP, reconnect jack headset, membersihkan port headset, factory reset dan lain sebagainya. Namun, ketika melakukan factory reset, risikonya membuat sistem HP Oppo kembali seperti kondisi awal.

Kesimpulan

Perlu diingat, beberapa cara mengatasi permasalahan HP Oppo di atas biasanya berbeda untuk setiap seri atau tipenya. Namun, secara garis besar langkah-langkahnya sama saja, pengguna hanya perlu menyesuaikannya saja.

Itulah sekiranya penjelasan dari Gadgetized.net seputar tata cara mengatasi HP error Oppo untuk semua seri dan tipenya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika mengalami permasalahan serupa.

Previous

13 Cara Mengatasi Google Terus Berhenti HP Xiaomi, 100% Berhasil!!

√ 15 Cara Download Video TikTok yang di Privasi : Android & iPhone

Next

Tinggalkan komentar