20 Aplikasi Pendingin HP Supaya Tidak Panas 2021 : Android & iPhone

|

Aplikasi Pendingin HP – Memiliki smartphone entah itu Android atau iOS membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting, menonton film hingga eksis di sosial media. Namun, apabila digunakan dengan intensitas yang tinggi, maka smartphone bisa menjadi panas.

Biasanya ponsel akan mengeluarkan suhu panas ketika sedang digunakan pada saat main game, browsing atau menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu. Apabila suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan HP akan mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut dapat mempengaruhi kinerja ponsel, mulai dari baterai yang mudah habis, layar kurang responsif sampai dengan mesin mati karena overheat. Oleh karena itu, penting untuk kalian ketahui bagaimana cara mengatasi supaya smartphone tidak panas pada saat digunakan untuk aktivitas berat.

Advertisements

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menginstal aplikasi pendingin di smarphone kalian. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi pendingin HP terbaik supaya tidak panas, entah itu di Android maupun di iPhone.

Aplikasi Pendingan HP

1. CPU Cooler

CPU Cooler Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

CPU Cooler mengklaim mampu memantau suhu HP serta menjaganya supaya tetap stabil, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, APLIKASI ANDROID ini juga memberikan informasi mengenai suhu smartphone secara berkala pada saat digunakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kalian mencoba aplikasi pendingin tersebut.

2. Phone Cool Down

Phone Cool Down
Advertisements

Phone Cool Down sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna smartphone Android serta mendapatkan total rata-rata rating 4,6 di Google Play Store. Aplikasi ini merupakan alat pengontrol software yang membuat CPU terlalu panas. Dengan menggunakan aplikasi pendingin tersebut ponsel akan memiliki suhu stabil pada saat digunakan.

3. Super Cleaner

Super Cleaner Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Mendinginkan smartphone yang memiliki suhu panas dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Super Cleaner. Di dalamnya sudah tersedia aplikasi pendingin HP sederhana dan hanya memerlukan satu tap saja. Selain itu, Super Cleaner juga memiliki fitur seperti Junk Files Cleaner, Battery Saver dan masih banyak lagi.

4. Fast CPU Cooler

Fast CPU Cooler
Advertisements

Fast CPU Cooler merupakan aplikasi pendingin profesional dan tentunya memiliki fungsi utama untuk mendinginkan serta mengurangi penggunaan CPU. Aplikasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk menganalisis penggunaan CPU secara berlebihan sehingga menyebabkan HP terlalu panas.

5. One Booster

One Booster Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Aplikasi tanpa iklan yang sudah didownload lebih dari 50 juta pengguna Android ini dikembangkan oleh One Dot Moblie Limited. One Booster menawarkan beberapa fitur canggih kepada para penggunanya, terutama pendingin CPU supaya tidak panas. One Booster juga memiliki tampilan antar muka sederhana sehingga ramah pengguna.

6. Phone Cooler, Baterry Saver

Phone Cooler Baterry Saver
Advertisements

Phone Cooler, Baterry Saver menjadi rekomendasi aplikasi pendingin HP supaya tidak panas berikutnya buat kalian. Selain dapat menstabilkan suhu HP, aplikasi Android ini juga dapat menghemat penggunaan baterai hanya dengan satu ketukan. Agar dapat mengunduh Phone Cooler, siapkan kapasitas penyimpanan ponsel sebesar 15 mb.

7. Cooling Master

Cooling Master Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Sesuai namanya, Cooling Master dapat digunakan untuk mendinginkan suhu HP supaya tidak terlalu panas. Aplikasi pendingin ini siap memantau keadaan suhu CPU pada smartphone. Apabila terlalu panas, pengguna bisa langsung menormalkan kembali suhunya menggunakan Cooling Master.

8. Phone Cooler (Speed Booster)

Phone Cooler Speed Booster
Advertisements

Aplikasi pendingin HP ini merupakan alat pemantau, pengontrol dan penutup aplikasi yang memakan sumber daya penggunaan CPU supaya suhu HP tidak terlalu panas. Aplikasi tersebut biasanya bekerja secara otomatis dan cepat sehingga sangat menguntungkan bagi para penggunanya, terutama untuk pengguna Xiaomi, Vivo, Oppo serta Samsung.

9. Phone Cooler, CPU Cooler

Phone Cooler CPU Cooler
Advertisements

Pendingin HP ini dikembangkan oleh Tapo Soft Company Limited dengan fitur utamanya untuk mendinginkan ponsel dari suhu panas. Aplikasi pendingin tersebut juga memiliki beberapa model pendinginan baterai supaya suhu HP tetap stabil. Supaya bisa mengunduhnya, pengguna harus mempersiapkan kapasitas penyimpanan telepon sebesar 15 mb.

10. Pro Cleaner Master App

Pro Cleaner Master App
Advertisements

Dibuat oleh ProTools Studio, Pro Cleaner Master App mampu menjaga suhu HP supaya tidak terlalu panas. Selain itu, keunggulan lainnya dari aplikasi pendingin ini yaitu bisa membantu penggunanya untuk memperpanjang masa pakai baterai dengan membersihkan RAM sehingga meningkatkan kecepatan smartphone.

11. Cool Down Phone Temperature

Cool Down Phone Temperature
Advertisements

Rekomendasi aplikasi pendingin HP supaya tidak panas selanjutnya yaitu Cool Down Phone Temperature. Hanya dengan satu sentuhan, pengguna dapat mendinginkan ponsel dan mengurangi penggunaan CPU yang berlebihan. Keunggulan lainnya dari aplikasi pendingin ini yaitu memiliki mode penghemat daya ultra-fast sehingga mampu menghemat penggunaan daya baterai ponsel.

12. Super Cooling Master

Super Cooling Master
Advertisements

Tampilan sederhana serta cara pengoperasian mudah menjadi salah satu kelebihan Super Cooling Master. Super Cooling Master mampu mengurangi penggunaan CPU sehingga suhu pada HP tidak akan terlalu panas. Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki mode penghemat baterai sehingga mampu memperpanjang waktu baterai.

13. Super GPU Cooler

Super GPU Cooler
Advertisements

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Super GPU Cooler juga bisa digunakan untuk mendinginkan HP supaya tidak terlalu panas. Aplikasi gratis di Android ini menyediakan fitur pembersih virus sehingga ponsel akan terbebas dari berbagai macam virus yang membahayakan.

14. Cool Cleaner

Cool Cleaner Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Cool Cleaner merupakan salah satu aplikasi pendingin HP terbaik di Android dengan tampilan sederhana namun menarik. Hanya dengan sekali klik, Cool Cleaner mampu mengoptimasi penggunaan smartphone supaya suhu stabil. Aplikasi yang dikembangkan oleh Coolpub ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna smartphone Android serta mendapatkan total rating rata-rata 4,6.

15. Phone Master

Phone Master Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Selain bisa digunakan sebagai pengatur suhu telepon supaya tidak terlalu panas, Phone Master juga dapat digunakan untuk melindungi keamanan ponsel pengguna. Menariknya lagi, Phone Master memiliki fitur penghemat baterai yang pastinya mampu menghemat penggunaan daya baterai smartphone penggunanya.

16. SmarterCoolers

SmarterCoolers
Advertisements

Bagi pengguna iOS 11.0 atau di atasnya, kalian juga bisa mengunduh Smarter Coolers untuk mendinginkan iPhone supaya tidak terlalu panas. Software buatan iProximity Pty Ltd ini dapat kalian download di App Store. Fitur utamanya yaitu memastikan perangkat berada pada suhu optimal dan stabil.

Penyebab HP Panas

Penyebab HP Panas
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa aplikasi pendingin HP supaya tidak panas baik di Android maupun iPhone, kalian juga harus mengerti faktor apa saja yang menyebabkan ponsel tersebut menjadi panas. Berikut adalah penyebab-penyebab hp panas pada Android dan iPhone.

1. Faktor Lingkungan

Penyebab pertama mengapa handphone bisa cepat panas yaitu faktor lingkungan Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kontak langsung antara smartphone kalian dengan sinar matahari.

2. Main Game Terlalu Lama

Main game terlalu lama juga menjadi penyebab mengapa HP cepat panas. Terlebih lagi game yang dimainkan tergolong berat dan memakan kinerja CPU sehingga ponsel akan bekerja sangat keras.

3. Penggunaan Aplikasi Streaming Telalu Lama

Selain itu, penggunaan aplikasi streaming terlalu lama juga dapat membuat ponsel memiliki suhu panas. Seperti diketahui, streaming membutuhkan koneksi internet lancar dan cepat sehingga membutuhkan daya yang tidak kecil.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan Bersamaan

Terakhir, banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan dalam satu waktu juga bisa membuat ponsel menjadi cepat panas sehingga baterai akan lebih cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara Mengatasi HP Panas

Di atas sudah kami jelaskan beberapa penyebab suhu HP panas dan tidak stabil. Nah, untuk mengatasinya kalian bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Matikan HP Ketika Tidak Dipakai

Matikan HP Ketika Tidak Dipakai
Advertisements

Langkah pertama supaya HP tidak cepat panas yaitu mematikan smartphone ketika sedang tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar ponsel mengalami pendinginan pada sistem dan komponennya.

2. Update Sistem

Update Sistem
Advertisements

Pembaruan atau update sistem operasi smratphone juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, dengan melakukan pembaruan tersebut ponsel kalian akan terasa lebih baru sehingga akan semakin lancar pada saat digunakan.

3. Lakukan Back Up Data

Lakukan Back Up Data
Advertisements

Back up data secara berkala juga bisa dilakukan agar menjaga HP kalian tetap awet. Selain itu, apabila cara tersebut dilakukan maka akan sangat membantu penggunanya ketika hp mengalami kerusakan karena data sudah tersimpan sebelumnya.

4. Bersihkan Data Penyimpanan

Bersihkan Data Penyimpanan
Advertisements

Bagi pengguna Android, cara ini penting untuk dilakukan. Pembersihan data penyimpanan ini dapat mempengaruhi kinerja HP menjadi lebih baik.

5. Instal Aplikasi Pendingin HP

Instal Aplikasi Pendingin HP
Advertisements

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengunduh aplikasi pendingin HP juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga suhu supaya tetap stabil. Saran kami, download aplikasi sesuai dengan kebutuhan dengan kapasitas tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan mengenai aplikasi pendingin HP terbaik supaya tidak panas untuk Android dan iPhone yang bisa Gadgetized.net sampaikan. Pastikan sebelum mengunduhnya, cek terlebih dahulu kualitas, testimoni hingga rating aplikasi. Pilihlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat bekerja dengan optimal.

Advertisements
Previous

20 Aplikasi Foto Jadi Kartun Android Mudah Untuk Pemula 2021

28 Cara Mengembalikan IMEI yang Hilang 100% Berhasil 2021

Next

Tinggalkan komentar