15 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik di Rumah 2020

|

Seperti yang kita ketahui di tengah wabah virus covid-19 saat ini cukup menghambat kegiatan belajar mengajar para siswa. Oleh karena itu, sekarang telah hadir beragam aplikasi belajar via internet yang bisa kita gunakan di rumah. Beberapa aplikasi bahkan ada yang membebaskan biaya langganan alias gratis.

Lalu, apa saja sih aplikasi belajar online tersebut ? dimana kita bisa memperoleh aplikasi tersebut ? mungkin pertanyaan seperti itu akan muncul di benak kalian semua. Layanan belajar online kini telah tersedia di Google Play Store bersama denganĀ aplikasi belajar mengaji, belajar gitar dan lain sebagainya.

Apa sih aplikasi belajar online itu ? aplikasi ini merupakan fasilitas untuk memudahkan para siswa dalam kegiatan belajar mengajar di rumah. Untuk mengakses aplikasi ini kita diwajibkan memiliki koneksi internet stabil. Selain itu diperlukan juga perangkat pendukung seperti smartphone, PC atau laptop.

Salah satu layanan belajar online terbaik dan terpopuler adalah Ruangguru. Aplikasi ini juga menawarkan metode pembelajaran menarik serta mudah dipahami lengkap dengan video penjelasan. Selain Ruangguru, berikut kami rekomendasikan beberapa aplikasi belajar online gratis terbaik untuk kegiatan belajar mengajar di rumah.

Advertisements

Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik Di Rumah

1. Ruangguru

Ruangguru

Advertisements

Pertama, kami merekomendasikan aplikasi Ruangguru untuk memenuhi proses belajar di rumah. Aplikasi ini bisa kalian download di Google Play Store secara gratis. Hingga saat ini aplikasi Ruangguru telah digunakan lebih dari 10 juta orang di Indonesia.

Daya tarik utama dari layanan diatas adalah hadirnya latian soal lengkap dengan video penjelasan yang mudah dipahami. Bukan hanya itu, Ruangguru juga memasang harga yang relatif terjangkau untuk berlangganan.

2. Rumah Belajar

Rumah Belajar

Advertisements

Sesuai dengan namanya, aplikasi Rumah Belajar siap memudahkan para siswa untuk belajar di rumah. Aplikasi tersebut diusung oleh Kemendikbud Indonesia dan sekarang telah tersedia di Google Play Store.

Di dalam aplikasi Rumah Belajar tersedia beragam konten pembelajaran berbasi audio visual. Melalui layanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas belajar siswa di rumah.

3. Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT

Advertisements

Selanjutnya kami juga memiliki aplikasi Bimbel SMARRT. Aplikasi ini memiliki rating sebesar 4,3 di Google Play Store dan telah digunakan pada 100 ribu lebih perangkat android. Kemudian untuk ukuran aplikasi belajar Bimbel SMARRT hanya 14 MB.

Hampir sama dengan Ruangguru dan Rumah Belajar, aplikasi belajar online Bimbel SMARRT juga menawarkan metode pembelajaran dalam bentuk video. Hanya saja aplikasi diatas lebih mengedepankan materi SAINS.

4. Aku Pintar

Aku Pintar

Advertisements

Aplikasi Aku Pintar juga bisa menjadi alternatif menemani belajar kalian di rumah. Aku Pintar juga diklaim sebagai aplikasi belajar online terlengkap di Indonesia. Respon dari 500 ribu lebih pengguna juga sebagian besar merasa puas.

Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik, antara lain Konseling Pintar, Minat Pintar, Tes Pintar, dan lain-lain. Bahkan, bagi kalian pelajar kelas 12 SMA, aplikasi ini menawarkan fitur Cari Kampus untuk membantu memilihkan rekomendasi kampus terbaik.

5. Google Classroom

Google Classroom

Advertisements

Selain aplikasi diatas, Google juga turut andil dalam mensukseskan program belajar di rumah menggunakan Google Classroom. Aplikasi tersebut bisa kalian unduh di Google Play Store. Hingga saat ini, Google Classroom telah diakses lebih dari 10 juta pengguna.

Google Classroom juga menawarkan forum diskusi untuk pengajar dan murid dalam membahas soal-soal atau materi yang diajarkan. Proses registrasi Google Classroom juga sangat mudah, yakni pengguna hanya memerlukan akun Google.

6. Quipper

Quipper

Advertisements

Selanjutnya ada aplikasi Quipper. Aplikasi dari Quipper Ltd ini bisa digunakan dalam mode offline dengan cara mengunduh materi yang tersedia. Quipper juga menawarkan materi setiap kurikulum dari pemerintah.

Kemudian ada juga fitur jadwal mingguan yang akan membantu proses belajar kalian lebih tertata. Selain itu, tersedia beberapa fitur ekslusif yang bisa kalian nikmati dengan cara berlangganan. Biaya langganan Quipper dibanderol 90 ribu rupiah per bulan.

7. Edmodo

Edmodo

Advertisements

Edmodo menawarkan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar di rumah. Selain itu, melalui aplikasi Edmodo para siswa juga bisa berinteraksi dengan Guru melalui forum diskusi online.

Jika kalian tertarik dengan aplikasi belajar online Edmodo, aplikasi tersebut bisa di download melalui Google Play Store. Aplikasi ini hanya berukuran 22 MB dan hingga sekarang lebih dari 10 juta pengguna android telah menginstal Edmodo di ponsel mereka.

8. Zenius

Zenius

Advertisements

Kegiatan balajar di rumah juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi Zenius. Aplikasi ini telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna android dan memiliki rating sebesar 4,7 di Google Play Store.

Fitur utama yang dimiliki Zenius adalah simulasi UTBK. Fitur tersebut bisa membantu para siswa yang ingin memasuki perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, aplikasi belajar online yang satu ini juga menyediakan materi Tryout lengkap dengan pembahasannya.

9. KelasKita

KelasKita

Advertisements

 

KelasKita merupakan aplikasi belajar online berbasis audio visual. Di dalam KelasKita juga terdapat fitur sosial yang memungkinkan kegiatan diskusi antar pengguna lain. Bukan hanya itu, aplikasi diatas juga menawarkan materi pemrograman seperti website, desain grafis dan lain sebagainya.

KelasKita bisa kalian unduh di Google Play Store dengan ukuran 6,9 MB. Sejak dirilis pertama kali hingga sekarang, aplikasi belajar online KelasKita telah digunakan lebih dari 50 ribu pengguna android.

10. Brainly

Brainly

Advertisements

Selain Ruangguru dan Google Classroom, aplikasi Brainly juga menajadi layanan belajar online terfavorit di Indonesia. Sejak awal kemunculannya hingga saat ini Brainly berhasil mengantongi rating sebesar 4,6 di Google Play Store.

Adapun fitur utama yang ditawarkan Brainly adalah forum diskusi online dengan pengguna lain. Disamping itu tersedia juga fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahli untuk menjelaskan beragam materi pembelajaran.

11. Pahamify

Pahamify

Advertisements

Pahamify bisa dikatakan aplikasi belajar online khusus untuk pelajar kelas 12. Melalui aplikasi ini para siswa bisa memperoleh materi untuk mengikuti UTBK hingga lolos perguruan tinggi favorit.

Selain itu, Pahamify juga menawarkan metode pembelajaran dalam bentuk video. Video tersebut berisi penjelasan materi dari mentor terbaik yang dalam aplikasi Pahamify disebut dengan Rockstar Teacher Pahamify.

12. Sekolahmu

Sekolahmu

Advertisements

Sekolahmu merupakan aplikasi belajar online yang dirilis oleh PT Sekolah Integrasi Digital. Melalui aplikasi Sekolahmu para siswa bisa tetap mengikuti kegiatan belajar di rumah. Di dalam aplikasi ini juga tersedia pembahasan materi lengkap dalam bentuk video.

Aplikasi Sekolahmu kini tersedia di Google Play Store dengan ukuran 12 MB. Sejak dirilis pertama kali hingga sekarang, aplikasi belajar online Sekolahmu berhasil mengantongi rating sebesar 4,1 dan telah digunakan lebih dari 1000 pengguna android.

13. Kelas Pintar

Kelas Pintar

Advertisements

Selain aplikasi KelasKita, di Google Play Store juga tersedia aplikasi belajar online bernama Kelas Pintar. Aplikasi yang diusung oleh PT Extramark Education Indonesia ini memiliki rating sebanyak 4,0 di Google Play Store.

Selain itu aplikasi Kelas Pintar juga menawarkan sesi tanya jawab bersama guru online pada pukul 09:00 sampai 12:00 dan 18:00 sampai 21:00 waktu setempat. Kemudian pada setiap pengguna awal, Kelas Pintar membebaskan biaya akses selama 1 bulan penuh.

14. Soal Online

Soal Online

Advertisements

Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi Soal Online para siswa bisa mengerjakan latihan soal sesuai dengan tingkatan dan kurikulum yang berlaku. Kemudian pada aplikasi ini juga tersedia fitur grup diskusi untuk saling menanyakan mengenai soal-soal yang dikerjakan.

Aplikasi belajar online yang satu ini menyediakan banyak materi, mulai dari Sains, Bahasa, hingga Teknologi. Bahkan untuk materi bahasa Inggris, di aplikasi ini tersedia materi listening yang terdiri dari TOEFL dan lain sebagainya.

15. CEREBRUM

CEREBRUM

Advertisements

Aplikasi belajar online yang terakhir adalah CEREBRUM. Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store dengan ukuran 8 MB. Disamping itu, CEREBRUM juga merupakan salah satu aplikasi belajar online terbaik, buktinya mereka telah mengantongi rating sebesar 4,8 di Google Play Store.

Bukan hanya itu, CEREBRUM juga menawarkan 6 fitur utama, antara lain Cerevid, Cereout, Cerelisasi, Cerecall, Cerejur dan Cerefo. Keenam fitur tersebut siap membantu para siswa dalam melakukan kegiatan belajar di rumah.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi belajar online terbaik. Dari semua aplikasi yang kami sajikan diatas ada yang gratis dan ada juga yang bebayar. Namun yang jelas layanan belajar online diatas bisa kalian akses di rumah. Hal ini juga bertujuan untuk memutus rantai penularan virus COVID-19 yang sedang mewabah di Indonesia saat ini.

Advertisements
Previous

22 Cara Main PUBG Mobile di PC Untuk Pemula

Apa Itu Paket Edukasi Indosat 2020 : Tujuan & Cara Mendapatkan

Next

Tinggalkan komentar